Daerah

PWI Sumatera Barat dukung PWI Tanahdatar melaksanakan Kursus Latihan wartawan (KLW)

Oleh : luska - Minggu, 29/11/2020 19:20 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID - PWI Sumatera Barat mendukung program  Pengurus PWI Tanahdatar  mengadakan Kursus Latihan wartawan (KLW) guna meningkatkan kwalitas wartawan Tanahdatar.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Kehormatan PWI Sumatera Barat  Basril Basyar waktu melakukan pembinaan organisasi kepada pengurus PWI Tanahdatar bersama pengurus lainnya Widya Navis, Bendahara Ismet Fanany, Wakil Sekretaris Syukri Umar, dan Wakil Bendara Rusdi Bais dan tim juga disambut oleh  Ketua PWI Tanahdatar Mustafa akmal.Dt Sidi Ali, Sekretaris Chandra Antoni, Irfan, Wirman Darwis, M,Syukur, Feri Maulana, Meryanto,Yuldaveri dan Bakhtiar Danau dan Yusnaldi selaku penasehat PWI Tanahdatar disamping itu juga hadir wakil Ketua DPRD anton Yondra dan  juga anggota PWI Tanahdatar di   rumah makan  Aroma  batusangkar,

Meski secara nasional untuk bisa mendaftar menjadi anggota PWI harus lulus Uji Kompetensi Wartawan (UKW) terlebih dahulu, namun sesuai dengan kebijakan organisasi di tingkat Provinsi Sumatera Barat, khusus untuk Kabupaten Tanah Datar diberi izin menerima calon anggota

Dukungan yang sama juga disampaikan oleh Sekretaris PWI Sumatera Barat Widya Navis, Syukri Umar, Ismet Fanany dan Rusdy   untuk diadakan kegiatan KLW di Tanahdatar dan  Organisasi ini memang harus terus dikembangkan, baik dari aspek manajemen maupun keanggotaan. Dengan melakukan rekrutmen anggota baru, tentu harapan menjadi lebih berkembang semakin besar, dan kwalitas wartawan akan bisa meningkat .

‘’Kita buka kran kepada rekan-rekan yang ingin bergabung bersama PWI. Karena , PWI adalah satu-satunya organisasi profesi wartawan di Kabupaten Tanah Datar yang diakui Dewan Pers. Tentu sepatutnya pula PWI memberi kesempatan kepada rekan-rekan untuk bergabung,’’ kata Widya yang juga merupakan wakil pimpinan redaksi Harian Umum Singgalang .

’Mereka yang lulus KLW itu, usulkanlah ke pengurus provinsi untuk diberi legalitas sebagai calon anggota. Nanti pengurus PWI dapat memberikan kartu birunya,’’ sebut Basril.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Tanahdatar Anton Yondra dan juga satu satu dari kalangan wartawan yang sukses dilegislatif mendukung kegiatan KLW Tanahdatar untuk diadakan seperti yang pernah diadakan oleh PWI Sumatera barat sebelumnya dalam merekrut anggota karena jika ditunggu UKW sesuai kewenangan PWI secara Nasional tentu pengkaderan wartawan dan anggota PWI terlalu lama dan butuh waktu dan kita akan mendukung kegiatan ini sepenuhnya dan selama ini dukungan wartawan untuk kegiatan legislative juga sangat besar.

Sebelumnya Ketua PWI Tanahdatar Mustafa akmal Dt Sidi Ali menyampaikan kondisi perkembangan organisasi wartawan Tanahdatar dan jumlahnya masih belum ada peningkatan dari segi keanggotaan karena terikat oleh aturan dan syarat menjadi anggota yang harus lolos UKW. Namun jika   diberikannya peluang ,mengadakan pelatihan atau kegiatan KLW bagi wartawan  maka  akan kita pada Desember 2020 ini atau selambat-lambatnya Januari 2021 nanti.

Selain pengembangan keanggotaan, menurut Mustafa, setahun belakangan PWI Tanah Datar sudah melakukan berbagai kegiatan, termasuk mengasuransikan seluruh pengurus dengan status sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.
‘’Seluruh pengurus sudah jadi peserta BPJS. Kita juga aktif melakukan konsolidasi organisasi, menjalin kemitraan, dan membangun sinergi dengan PWI daerah-daerah tetangga. Terakhir, kita konsolidasi dengan PWI Sawahlunto dan Bukittinggi. Sebelumnya, kita membangun kemitraan dengan jaringan organisasi wartawan di Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi, dalam rangka penguatan organisasi (M,Datuk)

Loading...
TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait