Daerah

Kurangi Penyebaran Covid-19 di Fasyankes, Mahasiswa FKM UI Sosialisasikan Penggunaan APD

Oleh : Marsi Edon - Senin, 30/11/2020 01:11 WIB

Ilustrasi Universitas Indonesia.(Foto:Istimewa)

Bogor, INDONEWS.ID - Kelompok Praktek Belajar Lapangan (PBL) Prodi K3 FKM UI yang terdiri dari 10 orang mahasiswa di bawah bimbingan Fatma Lestari, Robiana Modjo, melakukan serah terima hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat ke Desa Karang Asem Timur, Kecamatan Citeureup yang diwakili oleh kepala desa Karang Asem Timur, Yamin Bunyamin. Serah terima dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker, Jumat (20/11/2020) yang lalu.

Sejak diumumkannya pandemi Covid-19 di Indonesia, pemerintah dan masyarakat bahu membahu untuk menangani kasus tersebut. Namun, tidak dapat dipungkiri, jumlah kasus positif setiap harinya terus meningkat, bahkan hingga November 2020 terdapat 528 ribu kasus.

Tingginya kasus positif Covid-19 di Indonesia berdampak kepada kegiatan PBL mahasiswa K3 FKM UI. Di mana seharusnya kegiatan PBL ini dilakukan secara luring atau turun langsung ke lapangan, diubah menjadi daring (online).

Kegiatan PBL secara daring dilakukan dengan cara memberikan edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19 melalui media video.

Selain itu, pandemi Covid-19 juga berdampak kepada tenaga kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes). Hal ini dikarenakan tenaga kesehatan di Fasyankes merupakan garda terdepan dalam upaya kuratif dan secara langsung berkontak dengan pasien terkonfirmasi positif, sehingga tingkat penularan kepada tenaga kesehatan di Fasyankes pun semakin besar.

Melihat perkembangan Covid-19 di masyarakat, Kelompok PBL Prodi K3 FKM UI tergerak untuk membuat video edukasi dengan tujuan membantu meminimalisir penyebaran Covid-19 di Fasyankes. Video tersebut berjudul `Video Edukasi Tata Cara Penggunaan serta Pelepasan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19 Coverall dan Gaun`. 

Video ini dibuat dan disesuaikan dengan tahapan yang telah ditetapkan oleh standar WHO. Di dalam video tersebut, terdapat langkah-langkah penggunaan dan pelepasan APD Covid-19 serta informasi mengenai level APD untuk tenaga kesehatan.

Sebagai bentuk upaya sosialisasi ke masyarakat dan tenaga kesehatan, Jumat (20/11/2020), perwakilan Kelompok PBL Prodi K3 FKM UI melakukan kunjungan langsung ke kantor Desa Karang Asem Timur untuk menyerahkan softcopy video edukasi dan buku saku “Desa Tangguh Bencana Lawan Covid-19”.

Selanjutnya, Senin (23/11/2020), Kelompok PBL Prodi K3 FKM UI melaksanakan webinar untuk menyerahkan hasil akhir dari kegiatan PBL ke Desa Karang Asem Timur dan Kelurahan Puspanegara. 

Webinar ini dihadiri oleh Kepala Departemen K3 FKM UI, Indri Hapsari, Pembimbing Kelompok PBL Prodi K3 FKM UI, Fatma Lestari, Robiana Modjo, Kepala Desa Karang Asem Timur, Yamin Bunyamin, Kepala Kelurahan Puspanegara, Suharto, serta anggota Kelompok PBL Prodi K3 FKM UI.

"Kegiatan PBL ini tidak akan terselenggara dengan baik, jika tidak didukung oleh Mila Tejamaya, selaku kepala Program Studi K3 FKM UI; Indri Hapsari, selaku Kepala Departemen K3 FKM UI; serta Fatma Lestari, dan Dr. Robiana Modjo selaku pembimbing Kelompok PBL Prodi K3 FKM UI.Selanjutnya harapan kami, semoga video edukasi ini dapat membantu mengurangi penyebaran Covid-19 khususnya di Fasyankes dan dapat dijadikan media edukasi untuk masyarakat Indonesia," kata Rudy, perwakilan Kelompok PBL K3 FKM UI.*

Loading...

Artikel Terkait