Daerah

Unand Padang kerjasama dengan Pemerintah Nagari Batipuah Baruah untuk Wujudkan Nagari Tageh

Oleh : luska - Senin, 28/12/2020 09:12 WIB

Unand Padang kerjasama dengan Pemerintah Nagari Batipuah Baruah untuk Wujudkan Nagari Tageh

Tanahdatar, INDONEWS.ID --- Unand Padang lakukan kerjasama dengan Pemerintah Nagari Batipuah Baruah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar untuk mengujudkan Nagari Tageh.

Kerjama itu ditandatangani oleh Koordinator Nagari tageh Kabupaten Tanahdatar Dr Mashuri Hamidi (Fakultas Ekonomi) dan Pemerintah Nagari diwakili Sekretaris Nagari Batipuah Baruah Mery juga dihadiri Dr Elsa Eka Putri (Fakultas Teknik Sipil) Unand Padang bersama tim Tageh dan Pengurus KAN Batipuh yang diwaliki Koordinator Bidang Kemasyarakat dan Humas Mustafa akmal Dt Sidi Ali SH MH yang dilaksanakan di kantor Wali Nagari Batipuah Baruah.


Koordintor Nagari Tageh Kabupaten Tanahdatar Mashuri Hamidi menyampaikan terima kasih karena dengan ditanda tangani kerjasama UNAND dengan pemerintah Nagari Batipuah Baruah kita akan bisa melaksanakan tentang kegiatan akan kita lakukan dalam mengujudkan Nagari tageh dalam rangka mengantisipasi covid 19 di sumatera barat termasuk di Nagari Batipuah baruh terhadap upaya yang kita lakukan nanti.

Karena Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan karena pemerintah tidak akan sanggup menyelesaikan sendiri dengan keterbatasan dana dan tenaga kesehatan. Dan Program nagari tageh merupakan penguatan kelembagaan nagari dan masyarakat untuk mewujudkan ketangguhan nagari dalam mewujudkan delapan tageh yang hendak dicapai.

Kemudian salah satu yang perlu kita pikirkan adanya satu buah rumah atau berapa rumah kita buatkan untuk masyarakat kita yang kena covid 19 dan kita tidak perlu terburu buru membawanya kerumah sakit karena dengan adanya rumah khusus yang kita sediakan untuk warga kita maka kita akan bisa mendatangkan Tim medis kerumah yang kita sediakan tersebut sehingga masyatakat bisa berpartisipasi meringankan beban pasien positif Covid.

Sementara itu Sekretaris Nagari Batipuh Baruh Mery menyampaikan terima kasih dengan adanya kerjasama Unand dengan Pemerintah Nagari Batipuh Baruh dan kita siap untuk ikut mendukung program tersebut namun karena ini juga berkaitan dengan dana Desa tentu untuk pelaksanaan tahun 2021 nanti dalam pelaksanaan anggaran tentu kita harus berpedoman kepada Peraturan Bupati Tanahdatar sebagai pedoman bagi kita dalam melaksanakan anggaran seperti upaya yang kita lakukan selama ini dalam penangangan covid termasuk kepada masyarakat kita yang terdampak dalam covid 19.
Disamping itu kita juga mohon bantuan dan bimbingan dari Tim Unand Padang terutama dalam mendorong dan Menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan dan industry kreatif dikalangan masyarakat yang terdampak covid karena sebelumnya kita telah memberikan bentuk pelatihan kepada masyarakat kita dalam bidang industry kerajinan namun .

Untuk mengembangkan perlu dilakukan akan dilakukan penguatan dalam berbagai bidang baik manajemen maupun keterampilan personil pengelola untuk meningkatkan industry rumah tangga disamping juga perlu dilakukan penguatan komitmen bersama dengan seluruh komponen masyarakat termasuk dari Kerapatan adat Nagari dan tokoh masyarakat di Nagari Batipuah baruah maupun diperantauan.(M.Datuk)

TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait