Daerah

Pemda Tanah Datar jalin kerjasama dengan BPN

Oleh : luska - Sabtu, 02/01/2021 10:20 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID -- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar jalin kerjasama dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Tanah Datar dalam hal pengintegrasian data pertanahan dengan data perpajakan daerah.

Penandatangan kerjasama itu dilakukan oleh Bupati Tanahdatar diwakili  Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Tanah Datar Adrion Nurdal dan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tanah Datar Nurhamida yang  disaksikan Kadis PU diwakili Kabid Pertanahan Fobra Rika, Kabid Aset BKD Budi Chandra dan Kabid Pendapatan yang dilaksanakan diakhir tahun.

Sementara itu kepala Kantor Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Tanah Datar Adrion Nurdal menyebutkan   kita sepakat bekerjasama dengan Kantor Pertanahan untuk pengintegrasian data pertanahan dengan data perpajakan daerah memanfaatkan teknoloigi informasi, dengan tujuan untuk transparansi dan optimalisasi pendapatan daerah serta  kemudahan memperoleh  akses data dan informasi pertanahan serta perpajakan daerah, 

Dengan penanda tangan kerasama itu kita berharap koordinasi dan komunikasi kedua belah pihak dapat berjalan dengan baik. “Layanan berbasis online harus dimulai awal tahun 2021, seandainya ada yang perlu disempurnakan tentunya akan kita perbaiki bersama-sama,”.

Untuk tahun ini ditargetkan 45 aset pemerintah daerah dapat disertifikatkan. “Dari target 45 sertifikat aset pemda, yang sudah terealisasi 67 buah sertifikat. Pemerintah  daerah secara bertahap akan mensertiikatkan aset-aset yang dimiliki. Untuk itu, kami menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik selama ini dan berharap ada program nasional yang bisa membantu pemerintah daerah dalam hal sertifikat aset daerah,”

Sedangkan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tanah Datar Nurhamida menyambut baik kerjasama berbasis aplikasi ini.

“Kantor Pertanahan siap bekerjasama dengan Pemkab Tanah Datar dalam hal integrasi data pertanahan dengan data perpajakan daerah berbasis teknologi informasi, karena ini memang sudah tuntutan pelayanan. Kita tidak boleh menunda lagi, harus dimulai, yang  terpenting koordinasi dan komunikasi harus ditingkatkan,”

Kemudian Terkait sertifikat aset pemda, Nurhamida menyampaikan untuk tahun 2021, Kantor Pertanahan diberi target 9.000 bidang melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan 3.000 bidang di antaranya terbit sertifikatnya, dengan lokasi yang disiapkan 3 nagari yakni Nagari Simabur, Nagari Batu Basa dan Nagari Pariangan, khusus untuk Nagari Pariangan hanya program pemetaan.

“Pemerintah daerah dapat memanfaatkan program ini secara gratis, siapkan dokumen yang dibutuhkan jika ada aset di 3 nagari tersebut, jika di luar itu harus dianggarkan biayan.

Sedangkan  Kabid Pertanahan Fobra Rika mengatakan untuk tahun 2021 ditargetkan 300 bidang aset akan disertifikatkan. “Kita sudah anggarkan Rp.570 juta untuk memenuhi target 300 sertifikat pada tahun 2021 dan secara bertahap dari lebih kurang 900 bidang juga akan disertifikatkan dan selain  itu juga diserahkan secara simbolis 17 buah sertifikat tanah aset Pemerintah Daerah dari Kantor Pertanahan Tanah Datar.(M.Datuk)

TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait