Nasional

Diinspirasi Buku RA Kartini, Indonesia Jadi Contoh Dunia Majunya Kaum Perempuan

Oleh : luska - Rabu, 21/04/2021 11:45 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Diinspirasi dari buku RA Kartini yang berjudul Habislah Gelap, Terbitlah Terang, kini Indonesia telah menjadi contoh bagi negara dan bangsa bangsa di dunia tentang bagaimanan memperlakukan perempuan berkedudukan sama dengan kaum laki laki, sehingga mempunyai kesempatan berkompetisi berkarya, berprofesi apapun bahkan bisa memimpin negara.

Hal tersebut diutarakan oleh Dirjen Politik dan PUM Kemendagri Dr Drs Bahtiar, M.SI, melalui video ucapan Selamat Hari RA Kartini yang diberikan kepada indonews.id, Rabu (21/4/2021). 

" Hari ini Indonesia ditahun 2021 telah menjadi negara demokrasi kelas dunia, dimana kaum perempuan tidak diposisikan sama pada jaman RA Kartini. Bahkan di Indonesia posisi presiden pernah diduduki perempuan, menteri pun ada yang perempuan, bupati perempuan, walikota perempuan dan kaum perempuan pun hampir ada disegala sektor pemerintahan legislatif, eksekutif, jadi ulama bidang pengajar, dan pengusaha," jelas Dirjen Politik dan PUM Kemendagri.

Semakin majunya kaum perempuan dalam berkarya saat ini, sangat dikagumi dan diapresiasi oleh  Dirjen Politik dan PUM Kemendagri. Menurutnya kemampuan kaum perempuan sangat luar biasa.

Dirjen Politik dan PUM Kemendagri kembali mengingatkan sejarah RA Kartini , yang tidak boleh dilupakan, yaitu lewat bukunya yang berjudul Habislah Gelap, Terbitlah Terang, pada 110 tahun yang lalu yang merupakan kumpulan tulisan tulisan korespodensi RA Kartini yang diberikan kepada sahabatnya, berisikan tentang kegelisahan, pemikiran, pemberontakan, gagasan dan terutama pemikiran pemikiran RA Kartini tentang penghambat kemajuan perempuan di jamannya. 

Maka dari buku inilah menjadi inspirasi bagi masyarakat  atau kaum perempuan terutama di tanah Jawa untuk bangkit dan maju. (Lka)

TAGS : RA Kartini

Artikel Terkait