Bisnis

Geliat Bapak Sugiman Jaga Lingkungan dan Peranan UMKM di Tengah Pandemi

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 03/12/2021 21:08 WIB

Bapak Sugiman dengan usahanya (Foto: Ist)

Lampung, INDONEWS.ID - Bapak Sugiman adalah salah satu nasabah ULaMM Kalirejo. Bapak Sugiman membuat besek sejak kecil, sejak beliau berusia 5 tahun.

Usaha ini sudah ia jalankan selama 27 tahun. Bahan baku yang digunakan adalah bambu, yang didapat sekitar wilayah tempat Bapak Sugiman tinggal.

Meski UMKM memiliki peran yang sangat besar dalam perekonomian, namun UMKM memiliki kontribusi yang cukup signifikan dalam penurunan kualitas lingkungan hidup yang disebabkan oleh limbah yang dihasilkan dalam berbagai bentuknya, proses produksi yang belum efisien baik dalam penggunaan bahan baku, energi, serta penggunaan bahan penolong lainnya.

Sejak kecil, Bapak Sugiman yang senang jalan-jalan ke laut Kalirejo semakin terpacu berbisnis menggunakan barang bekas untuk mengurangi pencemaran akibat sampah, menghemat energi, dan menjaga sumber daya alam.

“Selain untuk memperbaiki ekonomi keluarga saya, saya juga ingin memanfaatkan sampah yang ada di lingkungan sekitar. Saya juga bercita-cita untuk membantu ekonomi keluarga tetangga-tetangga saya. Hal ini membuat saya semangat setiap hari,” kata Sugiman.

Sugiman bercerita, kendala berbisnis besek saat ini biasanya berpengaruh dari cuaca. Jika dalam musim hujan, bambu untuk besek tidak cepat kering, sebaliknya apabila musim panas, bambu akan cepat kering dan Sugiman mendapat hasil yang banyak.

Bapak Sugiman bergabung dengan PNM ULaMM pada tahun 2020. Setelah 1 tahun berjalan, Bapak Sugiman sudah memiliki 50 yang bekerja di rumahnya, dan beberapa karyawan yang bekerja di rumah masing masing agar sesuai protokol kesehatan.

Karyawan Bapak Sugiman merupakan masyarakat sekitar. Beliau memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungannya. Warga yang belum memiliki pekerjaan, direkrut untuk dilatih dan akhirnya menjadi karyawan Bapak Sugiman, sehingga mereka mampu meningkatkan taraf hidup rumah tangganya.

Hingga saat ini, pengiriman besek milik Bapak Sugiman tidak hanya di dalam kota, namun sampai dengan wilayah Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Pringsewu & Kabupaten Tanggamus.*

 

Loading...

Artikel Terkait