Gaya Hidup

Ketahui Jenis dan Asuransi Mobil yang Bagus

Oleh : very - Sabtu, 08/01/2022 21:43 WIB

Asuransi mobil. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, INDONEWS.ID --- Setiap pemilik kendaraan tentu harus mewaspadai berbagai risiko kecelakaan lalu lintas akibat tabrakan ataupun terperosok, hingga pencurian kendaraan. Untuk itu, setiap pengendara harus melengkapi kendaraan miliknya dengan asuransi mobil. 

Sebab, segala risiko kecelakaan, kehilangan, hingga perbaikan atau penggantian spare part mobil bisa diatasi dengan asuransi mobil. 

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli polis asuransi mobil, sebaiknya kenali dulu jenis-jenisnya, yaitu TLO dan All Risk. Setelah itu, baru bisa menentukan asuransi mobil yang bagus seperti dirilis tim riset Lifepal.co.id.

 

Asuransi Mobil TLO

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi kendaraan yang memberi jaminan kalau kendaraan hilang akibat pencurian dan terjadi kerusakan yang nilai perbaikannya ≥75 persen harga kendaraan saat itu.

Bagaimana kalau kerusakan kendaraan tersebut tidak sampai 75 persen? Klaim si pengendara yang memiliki asuransi TLO akan ditolak oleh perusahaan asuransi. Meskipun begitu, premi jenis asuransi ini lebih murah dibanding asuransi All Risk. 

 

Asuransi Mobil All Risk

Sesuai namanya, Asuransi mobil All Risk atau komprehensif adalah jenis asuransi kendaraan yang memberi pemilik kendaraan penggantian biaya maupun menjamin semua jenis risiko, ringan maupun berat, hingga risiko kehilangan kendaraan.

Premi asuransi All Risk termasuk mahal karena jaminan yang menyeluruh dari asuransi mobil tersebut. Asuransi All Risk lebih mahal ketimbang asuransi TLO.

 

Risiko yang Tidak Ditanggung Asuransi Mobil

Asuransi mobil jenis All Risk emang disebut memberi jaminan semua jenis risiko, baik ringan maupun berat. Namun, ada juga risiko-risiko yang tidak ditanggung asuransi mobil, seperti:

 

  1. Banjir, topan, badai, dan kerusakan karena air.
  2. Gempa bumi/tsunami.
  3. Sabotase/Terorisme.
  4. Kecelakaan pengemudi.
  5. Kecelakaan penumpang.
  6. Third Party Liability (TPL).

Perluasan Perlindungan

Risiko-risiko di atas bisa saja menjadi tanggungan perusahaan asuransi jika Anda selaku pemilik kendaraan mengambil manfaat tambahan sebagai bentuk perluasan perlindungan.

Setelah mengetahui jenis-jenis asuransi, saatnya untuk Anda memilih asuransi mobil yang bagus sebagai perlindungan terbaik untuk kendaraan pribadi.

Berikut ini adalah beberapa daftar asuransi mobil yang bagus dan dapat menjadi pilihan sebagai proteksi kendaraan roda empat:

1. Asuransi Mobil Sinarmas

Asuransi Mobil Sinar Mas merupakan asuransi kendaraan yang dikelola oleh PT Asuransi Sinar Mas (ASM).

Tersedia dalam dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk, polis ASM unggul karena menanggung usia mobil hingga 12 tahun.

Polis asuransi mobil Sinar Mas terbagi menjadi dua kategori yang dibedakan berdasarkan luas risiko yang ditanggung.

 

Produk Manfaat yang Diberikan

- Asuransi Mobil All Risk        

Ganti rugi atas segala risiko kerugian, baik kerusakan sedang maupun menyeluruh.

- Asuransi Mobil TLO 

Ganti rugi atas risiko kerugian total atau nilai kerugiannya mencapai lebih dari 75 persen harga mobil.

 

2. Asuransi Mobil ACA

Hadir dengan pilihan polis All Risk yang menanggung segala jenis kerugian baik baret, penyok, dan kerusakan besar, hingga Total Loss Only (TLO) yang memberikan ganti rugi atas kerusakan total saja, seperti pencurian atau terperosok, Asuransi Mobil ACA memberikan fasilitas mobil pengganti selama perbaikan di bengkel.

Terdapat 3 jenis asuransi mobil ACA, yaitu:

- Otomate

Produk asuransi kendaraan ACA ini memberikan pertanggungan atas risiko kerugian mobil mencakup penggantian mobil, perbaikan darurat, mobil derek, dan layanan ambulans.

- Otomate Smart

Produk asuransi kendaraan ACA ini memberikan pertanggungan atas risiko kerugian mobil dengan Uang Pertanggungan (UP) yang lebih rendah dibandingkan plan sebelumnya.

- Otomate Solitaire

Produk asuransi kendaraan ACA ini memberikan pertanggungan atas risiko kerugian mobil secarah menyeluruh dengan jaminan manfaat yang lengkap.

 

3. Asuransi ABDA

Asuransi ABDA adalah perusahaan asuransi umum yang dikelola oleh PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk. Dengan produk meliputi asuransi kendaraan bermotor, rumah, harta benda, hingga kesehatan.

Salah satu produk unggulannya adalah Asuransi Mobil ABDA.  Asuransi mobil ini menyediakan manfaat lengkap, mulai dari pengisian atau penggantian aki, penggantian ban bocor, hingga pengantaran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis asuransi mobil dan beberapa asuransi mobil yang bagus untuk bisa dipilih.

Keputusan untuk menentukan produk asuransi mobil mana yang cocok dan sesuai dengan keinginan ada di tangan Anda. ***

 

 

Loading...

Artikel Terkait