Gaya Hidup

Cara Memilih Sepatu Basket Terbaik untuk Latihan atau Pertandingan

Oleh : very - Minggu, 20/03/2022 10:59 WIB

Sepatu bola basket. (Foto: Youtube)

 

Jakarta, INDONEWS.ID --- Memilih sepatu basket yang digunakan untuk latihan atau pertandingan harus dilakukan dengan baik. Jika tidak dilakukan dengan baik, sepatu basket tidak bisa digunakan secara maksimal. Selain itu, ada kemungkinan sepatu basket menyebabkan cedera pada kaki.

Untuk menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan masalah ketika menggunakan sepatu basket. Ada baiknya untuk mengetahui kira-kira kriteria sepatu basket apa saja yang dianggap terbaik. Simak cara selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

 

1. Lakukan Pengukuran Kaki

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum membeli sepatu basket adalah melakukan pengukuran pada kaki. Pengukuran pada kaki ini dilakukan agar ketika membeli sepatu, ukurannya tepat dan tidak akan membeli sepatu yang terlalu besar ataupun terlalu sempit.

Lakukan proses pengukuran dengan menggunakan meteran kaki. Biasanya sudah akan langsung terlihat berapa ukurannya serta rekomendasi sepatu yang bisa digunakan. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan meteran biasa atau penggaris panjang.

Setelah melakukan proses pengukuran, pastikan untuk mengetahui standar sepatu yang akan dibeli. Usahakan untuk membeli sepatu yang memiliki ukuran 0,5-1 cm lebih panjang dari ukuran kaki yang dimiliki.

 

2. Pilih yang Memiliki Sol Terbaik

Salah satu bagian terpenting dari sepatu basket adalah sol. Disarankan untuk memilih sol dengan kualitas yang sangat baik sehingga ketika dipakai kaki akan terasa sangat nyaman dan juga empuk. Sol ini biasanya sudah langsung menjadi satu dengan sepatu atau bisa juga ditambahkan.

Apabila melakukan pembelian secara langsung di toko, Anda bisa mencoba secara langsung kualitas sol dengan memakai sepatu. Apabila membeli secara online, hal semacam ini tentu tidak akan bisa terjadi.

Salah satu alternatif untuk mengetahui apakah sol yang dimiliki oleh sepatu berkualitas atau tidak, coba baca ulasan dari para pemakai. Apabila memiliki ulasan yang cukup baik, berarti memang produk ini cukup layak untuk digunakan.

 

3. Pilih Sepatu Sesuai Posisi Bermain

Biasanya, sepatu yang dikeluarkan secara khusus untuk pemain basket memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sepatu yang dibeli harus disesuaikan dengan posisi saat Anda bermain basket.

Apabila memiliki posisi sebagai seorang center yang sering menjaga bola dan berada di tengah. Disarankan untuk menggunakan sepatu yang memanfaatkan outsole sangat empuk. Jadi, ketika digunakan untuk melompat terasa nyaman.

Apabila berada pada posisi forward, disarankan untuk memilih sepatu basket yang memiliki fleksibel. Artinya ketika digunakan untuk berlari ke kiri atau ke kanan masih bisa berjalan dengan baik.

Terakhir untuk posisi penjaga atau guard, disarankan untuk memilih sepatu yang sangat ringan dan memiliki cengkraman yang kuat pada lantai.

 

(Sepatu bola basket. Foto: My-best.id)

 

4. Perhatikan Merek Sepatu

Perhatikan merk sepatu yang akan digunakan. Biasanya setiap merek akan mengeluarkan versi sepatu basket yang bervariasi. Jadi, pilih merek sepatu yang memang dikenal memiliki kualitas baik dan juga awet ketika digunakan.

 

5. Memilih Sepatu Berfungsi Ganda

Usahakan untuk memilih sepatu yang memiliki fungsi ganda. Maksud dari sepatu yang memiliki fungsi ganda ini adalah sepatu yang bisa digunakan untuk berolahraga dan sepatu yang bisa digunakan untuk kebutuhan kasual. Bahkan, bisa juga digunakan untuk ke sekolah.

Biasanya sepatu basket memang hanya bisa digunakan untuk di lapangan saja. Tetapi beberapa jenis sepatu yang memiliki desain menarik atau desain yang kasual masih bisa digunakan untuk keperluan lain. Jadi, membeli satu sepatu bisa digunakan untuk banyak hal.

 

6. Baca Ulasan Terkait Perawatan

Tidak kalah penting lagi, ketika akan melakukan pembelian adalah membaca ulasan terkait dengan perawatan. Beberapa sepatu basket memiliki perawatan yang cukup mudah untuk dilakukan dan ada juga yang memerlukan perawatan ekstra agar tidak mudah rusak.

 

7. Pertimbangan Desain

Hal terakhir yang harus diperhatikan ketika akan memilih sepatu basket adalah desainnya. Umumnya, sepatu basket memiliki desain standar dengan warna yang biasa saja. Namun, ada juga beberapa sepatu basket yang mengeluarkan desain khusus.

Sepatu dengan desain khusus ini biasanya terlihat sangat menarik dan estetik. Meski demikian, secara fungsi masih tetap sama yaitu bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai jenis gerakan di lapangan. Jadi, tidak hanya indah saja tetapi juga fungsional.

Apabila ada sepatu basket dengan kriteria ini. Anda bisa memutuskan untuk membelinya karena bisa digunakan juga sebagai sepatu koleksi. Apalagi sepatu itu hanya dirilis dalam jumlah terbatas dan tidak akan dipasarkan lagi.

Ternyata memilih sepatu basket bukan pekerjaan yang mudah dan harus dilakukan dengan sangat teliti. Apabila hanya sekedar memilih saja, sepatu basket tidak akan bisa digunakan secara maksimal bahkan bisa memicu terjadinya cedera pada kaki. Itulah kenapa, gunakan waktu sebaik mungkin untuk memilihnya.

Apabila ingin memilih sepatu basket dengan mudah, khususnya yang berasal dari merk terbaik. Disarankan untuk langsung menggunakan aplikasi Blibli. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa langsung melakukan transaksi pembelian secara kredit ataupun secara tunai.

Terakhir dan tidak kalah penting adalah pastikan terlebih dahulu ukuran dari kaki ketika akan membeli sepatu basket. Anda harus membeli sepatu yang sedikit lebih longgar. Jadi, saat digunakan bersamaan dengan kaos kaki tidak akan menyebabkan sepatu terlalu sempit. ***

Loading...
TAGS :

Artikel Terkait