Opini

Halal Bi Halal Pusat Studi Air Power Indonesia

Oleh : luska - Minggu, 22/05/2022 13:28 WIB

Penulis : Chappy Hakim – Pusat Studi Air Power Indonesia

Hari Sabtu tanggal 21 Mei 2022, bertempat di QiLounge Hotel Sultan Jakarta telah diselenggarakan Halal Bi Halal Pusat Studi Air Power Indonesia (PSAPI).   Halal Bi Halal PSAPI ini di hadiri antara lain oleh Menteri Perhubungan Ir. Budi Karya Sumadi dan Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto. Selain itu tampak juga Ka Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi, Rektor Universitas Jenderal A.Yani Prof Hikmahanto Juwana, Indra Setiawan mantan Dirut Garuda, Marsda TNI Purn Sri Diharto mantan Kepala BMKG ,Marsdya Wieko Sofyan mantan Wagub Lemhannas dan Tengku Burhanudin Dewan Pengawas INACA. Hadir pula wartawan senior Dudi Sudibyo dan Imelda Bachtiar.

Acara ini memang dirancang sebagai sarana  Halal Bi Halal PSAPI bersama dengan Menhub R.I dan Gub. Lemhannas.   

Tujuan Halal Bi Halal PSAPI selain bersilaturahmi untuk saling maaf memaafkan juga digunakan sebagai sarana communication and  networking antara PSAPI dengan Kemhub dan Lemhannas.

Sejauh ini dalam kegiatannya, PSAPI rutin menyelenggarakan  pertemuan bulanan yang selalu membahas tentang ide ide upaya perbaikan dan peningkatan dibidang penerbangan, juga mendiskusikan Current Issues, Hot Topics, & Controversies di bidang kedirgantaraan yang up to date.    Hasil kajian PSAPI yang memerlukan perhatian khusus selalu disalurkan ke para pengambil kebijakan antara lain Kementrian Perhubungan dan juga sebagai bahan kajian lanjutan di salurkan ke Lemhannas.   Hasil lainnya yang memerlukan sosialisasi di distribusikan ke media.   Dengan kegiatan yang sudah berlangsung sejak tahun 2019, PSAPI berharap akan dapat memerankan diri sebagai Think Tank dibidang Kedirgantaraan Nasional.  Pada kesempatan menyampaikan kata sambutannya Gubernur Lemhannas Andi Widjajanto sempat mengusulkan penambahan pada nama PSAPI untuk menjadi Pusat Studi Air and Space Power berkait dengan sudah demikian majunya teknologi dirgantara belakangan ini.   

Disela-sela padatnya acara, Chappy Hakim selaku Ketua PSAPI sempat membagikan buku Indonesia Menyongsong Era Industri Dirgantara dan buku Defence and Aviation  kepada tamu yang hadir dalam Halal Bi Halal tersebut.  

Acara yang berlangsung santai itu dimeriahkan oleh penampilan Band The Playsets yang para pemainnya mengenakan seragam batik khusus rancangan Batik Maskas serta bintang tamu seorang musisi terkenal Jelly Tobing.  Halal Bi Halal jadi bertambah meriah saat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi turut menyumbangkan suara emasnya membawakan sebuah lagu dengan iringan Band The Playsets.

Cukup banyak para peserta PSAPI yang hadir antara lain para Captain Pilot senior baik yang masih aktif maupun yang telah purnabakti.  Terlihat jajaran para Captain : Christian Bisara, Noor Wahyudie, Dharmadi, Dondot, Toto Hardiyanto, Bintang Hardiono, S.M Nababan, John Brata dan Ahmad Fauzi .   Hadir mewakili jajaran pengurus dan para anggota PSAPI, Julius Cesar Hassan, Tommy Tamtomo, Ardi Sutedja, Reni, Dr. Kusnadi Kardi, Gatot Sulistio dan Rudy Gultom dari Unhan serta Alif Nurfakhri M dari Center for International Law Studies Universitas Indonesia serta Salomo Panjaitan mantan Komisaris PTDI .   Acara ditutup dengan ramah tamah.

Jakarta 22 Mei 2022

Loading...
TAGS : Chappy Hakim

Artikel Terkait