Opini

Masjid Lokasi Strategis New York

Oleh : luska - Sabtu, 28/05/2022 18:46 WIB

Penulis : Prof Tjandra Yoga Aditama yang sedang di New York untuk menghadiri wisuda di Columbia University

Masyarakat kita yang datang ke New York tentu punya aktifitas khusus, mungkin rapat dan pertemuan dinas, atau kegiatan ilmiah, atau hal sosial seperti menghadiri wisuda anak dan keluarga, atau dapat juga memang datang untuk wisata dll. 
Di sela-sela berbagai kegiatan maka bukan tidak mungkin masyarakat akan menyempatkan diri ke berbagai tempat terkenal di kota New York. Ternyata untuk yang muslim maka di sekitar tempat yang biasa dikunjungi di New York maka dapat kita temukan Masjid, walaupun memang harus khusus mencari secara rinci. Masjidnya juga tidak besar dan kalau tidak cermat akan luput dan terlewat tidak ditemukan.

Kalau ada yang jalan-jalan di 5th Avenue yang banyak toko2 dengan merek terkenal, maka kalau belok beberapa ratus meter di 59th street maka akan ada pintu yang tidak besar yang menunjukkan Masjid Usman bin Affan.

Sementara itu, di daerah lower Manhattan disekitar gedung World Trade Center yang baru maka di jalan kecil Cliff Street  ada Masjid Manhattan yang juga tidak besar, seperti di gambar ini. Menariknya, dari Masjid Manhattan ini kita juga dapat berjalan ke Brooklyn Bridge yang terkenal yang biasanya masyarakat berjalan kaki melintasinya di jalur pejalan kaki khusus, dengan pemandangan latar belakang gedung-gedung pencakar langit Manhattan.

Kemudian, di salah satu sisi Broadway Street yang terkenal a.l. dengan berbagai kegiatan pementasan maka di sisi 29th street kita dapat menemui Masjid Ar Rahman, yang juga dapat ditempuh bagi mereka yang sedang jalan-jalan ke Union Square.

Selain itu, bila ada yang berkunjung ke Roosevelt Island, misalnya ke kampus Cornell Tech Institute, maka ada masjid Al Isra di pusat pertokoannya.

Di luar itu tentu ada masjid-masjid lain di kota New York, tetapi setidaknya hal ini dapat memberi gambaran bahwa di sekitar obyek terkenal kota ini maka kita dapat menemukan masjid untuk sholat di siang dan malam hari. Di sebagian masjid ini maka untuk jamaah pria dan wanita maka tempat sholat nya ada di lantai terpisah.

 

Loading...
TAGS : Masjid New York

Artikel Terkait