Nasional

Musisi Jazz Muda Berbakat, Alonzo Brata Rilis First Original Single "Bersama Dirimu"

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 28/07/2022 18:48 WIB

Pemred Indonews Asri Hadi bersama orang tua Alonzo Brata di Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, Kamis (28/7/22).

Jakarta, INDONEWS.ID - Musisi Jazz Muda berbakat, Alonzo Brata merilis single original pertamanya berjudul "Bersama Dirimu: Strollin’ Down the Avenue" di Lippo di Avenue of the Stars, Lippo Mall Kemang, Jakarta, Kamis (28/7/22).

Peluncuran single original pertama Alonzo Brata ini didahuli dengan talkshow tentang “Trend Musisi Jazz Muda Indonesia Masa Kini” yang digelar oleh produser SCID (Star Creations ID) pada pukul 16.00 sore.

Acara bincang-bincang ini turut dihadiri oleh dua musisi senior di kancah musik jazz Indonesia, Candra Darusman dan Margie Segers serta musisi jazz baru berbakat Alonzo Brata sendiri.

Dari pantaun media ini di lokasi, penonton sudah memenuhi avenue kendati acara masih berlangsung dalam 1,5 jam sebelum acara pertujukkan dimulai.

"Antusias penikmat musik cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyak jumlah penonton yang sudah memadati avenue. Padahal acara masih 1,5 jam lagi," kata Asri Hadi.

"Semoga acara peluncurannya ini berjalan sukses," sambung purnabakti Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) itu.

Alonzo Brata adalah seorang penyanyi muda Tanah Air berusia 18 tahun. Musisi muda ini memiliki bakat dengan suara baritone yang istimewa.

Lagu "Bersama Dirimu" bergenre jazz pop ini adalah hasil komposisi pianis terkenal Nial Djuliarso, sementara lirik digarap oleh Mari Kartika.

Lagu ini menceritakan bagaimana cinta dapat memberikan semangat dan harapan untuk mencapai cita-cita. Hadirnya Alonzo Brata turut menyemarakkan dunia musik di Indonesia dengan semangat mudanya dan antusiasmenya terhadap musik jazz.

Alonzo memulai secara serius menekuni bidang menyanyi ini pada awal tahun 2021. Dulu, ia pernah memiliki beberapa mentor internasional maupun nasional.

Salah satunya adalah Dwiki Dharmawan yang pertama kali mendengarkan suara Alonzo ketika dia berusia 15 tahun. Dimana dia sempat memberikan pengarahan langsung sebelum pandemi.

Alonzo pernah belajar bersama Dwiki di Farabi Music school miliknya, dan Alonzo sempat perform bersama Farabi Big Band di beberapa kesempatan sebelum pandemi di tahun 2019.

Alonzo lahir di Jakarta pada tanggal 2 August 2003. Ia mulai belajar music sejak umur 4 tahun di Yamaha Music School dan mengambil dasar piano.

Kemudian pada usia 8 tahun, ia mulai mengenal alat musik biola dan mengikuti kelas vocal. Dia pertama kali main di acara musical di sekolahnya di usia 13 tahun.

Di usia 15 tahun, Alonzo mulai mengambil kelas vokal yang lebih serius dengan guru-guru seperti Professor Tjut Nyak Deviana, Dwiki Dharmawan, Happy Pretty, KemalaAyu, online dengan Laura Vall, California, USA dan juga dengan guru dan vokalis senior jazz dari Seattle, USA, Greta Matassa serta sekarang dengan Ray Andries.

Yang menarik adalah, Alonzo memulai mengembangkan minatnya menyanyikan lagu jazz standar dari kesenangannya bermain game di komputer.

Alonzo sudah sering tampil sebagai vokalis dengan Farabi Big Band pimpinan Dwiki Dharmawan, dan di Motion Blue Lounge, Artoz Lounge, Fabster Stage dan beberapa panggung lainnya.

Sejak pandemi, Alonzo tidak lagi dapat melakukan pertunjukan yang kemudian mengarahkannya untuk memulai kanal Youtubenya pada tanggal 14 Maret 2021, dimana minat penonton digital terhadap musiknya terus meningkat.

Penontonnya tidak hanya datang dari Indonesia namun juga dari Jepang, Eropa, Australia dan Amerika Serikat.

Pada tanggal 23 Februari 2022, dia merilis album jazz cover pertamanya berjudul “Giant Baby Steps” dimana musik dan aransemennya dilakukan oleh Nial Djuliarso dan the East Side Jazz Initiative.

Karya dan link ke platform media sosialnya dapat di lihat di https://links.vip/alonzobrata.

Artikel Terkait