Gaya Hidup

Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan dan Tips Memilih Produk yang Tepat

Oleh : very - Senin, 05/09/2022 18:45 WIB

Asuransi Kesehatan. (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Polis asuransi baik itu kesehatan, jiwa, mobil atau lainnya penting dimiliki. Sebelum memiliki salah satu polisnya, penting memahami fungsi asuransi untuk mendapatkan banyak pengetahuan tentang produk asuransi yang kita beli dan semua benefit yang kita peroleh.

Seperti dipaparkan di atas, salah satu jenis polis asuransi adalah asuransi kesehatan. Meski pemerintah telah menyediakan  BPJS Kesehatan sebagai proteksi kesehatan untuk masyarakatnya, penting untuk juga memiliki asuransi kesehatan swasta.

Asuransi kesehatan swasta menjadi pelengkap asuransi BPJS Kesehatan karena lebih banyak manfaat, premi terjangkau, serta jaringan rumah sakit yang luas. Karena alasan itu, penting memiliki asuransi kesehatan dengan cover terlengkap baik untuk diri sendiri maupun keluarga.

Meski begitu, banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi kesehatan ini terkadang membuat sebagian orang bingung harus memilih yang mana. Apalagi tiap perusahaan menawarkan jenis pertanggungan dan pengecualian yang berbeda-beda pada masing-masing polis.

Berikut ini adalah pemaparan mengenai polis asuransi kesehatan, jenis-jenisnya, manfaat dan beberapa cara yang bisa diikuti sebelum memilih asuransi kesehatan yang tepat: 

 

Polis Asuransi Kesehatan

Polis asuransi satu ini merupakan kontrak yang berisi jaminan perusahaan untuk menanggung budget perawatan medis tertanggung jika mengalami sakit atau kecelakaan.

Biasanya, ada dua tipe perawatan yang ditanggung, yaitu rawat jalan dan rawat inap. Berikut ini adalah perbedaan di antara keduanya:

 

Asuransi Rawat Jalan

Sesuai namanya, asuransi rawat jalan adalah salah satu jenis asuransi untuk kesehatan yang diberikan kepada nasabah selama masa pemulihan pascasakit. Seperti biaya untuk kontrol rutin, biaya konsultasi dan obat ditanggung oleh asuransi rawat jalan.

Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan berbeda dalam menentukan risiko mana saja yang ditanggung oleh asuransi rawat jalan. Karena itu, penting untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan pihak penyedia asuransi.

Selain itu, bisa juga teliti membaca isi polis asuransi sebelum membubuhkan tanda tangan agar tidak kecewa dan tidak merasa ditipu di kemudian hari.

 

Asuransi Rawat Inap

Asuransi rawat inap merupakan produk asuransi yang melindungi "Penerima Perlindungan" dari biaya perawatan kesehatan yang meliputi biaya kamar, biaya kamar ICU/ICCU, biaya operasi, biaya perawatan lanjutan, santunan meninggal dunia, santunan meninggal dunia karena kecelakaan dan juga santunan cacat tetap karena kecelakaan berdasarkan kesepakatan dalam polis asuransi.

 

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan, maka para nasabah bisa mendapatkan banyak manfaat. Di antaranya:

 

  1. Rawat Jalan

Manfaat pertama adalah mendapatkan layanan perlindungan dari kemungkinan menjalani rawat jalan. Artinya biaya pengobatan rawat jalan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  1. Rawat Inap

Manfaat kedua adalah mendapatkan perlindungan finansial dari risiko menjalani rawat inap. Sehingga biaya ruang kamar sampai obat-obatan akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  1. Tindakan Pembedahan

Asuransi kesehatan juga memberi manfaat perlindungan terhadap risiko pembedahan. Sehingga saat nasabah perlu menjalani prosedur operasi dan masih ditanggung asuransi, maka biayanya ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  1. Medical Check Up

Beberapa penyedia asuransi khusus untuk kesehatan juga menyediakan manfaat medical check up gratis. Artinya, nasabah bisa melakukan pengecekan kesehatan berkala yang biayanya akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  1. Asuransi Melahirkan

Manfaat selanjutnya dari asuransi untuk kesehatan adalah mendapatkan asuransi melahirkan. Mencakup perlindungan biaya untuk mengecek rutin kesehatan janin dalam kandungan dan proses persalinan baik normal maupun sesar, sekaligus biaya setelah melahirkan.

  1. Perawatan Gigi

Beberapa produk asuransi kesehatan juga menyediakan manfaat perawatan gigi yang biayanya ditanggung perusahaan asuransi. Salah satu contohnya adalah BPJS Kesehatan yang menanggung biaya perawatan gigi.

  1. Perawatan Mata

Manfaat yang lain adalah mendapatkan perawatan mata, artinya biaya untuk perawatan mata ke dokter umum sampai dokter spesialis akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

 

Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Bagus

Kesehatan menjadi salah satu hal berharga yang harus dijaga. Selain, meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit, kamu juga butuh perlindungan ekstra agar dapat menikmati hidup dengan tenang dan nyaman.

Salah satunya adalah dengan mempersiapkan asuransi kesehatan. Namun, dalam pemilihan asuransi ini, sebaiknya tidak dilakukan secara sembarangan atau asal pilih saja.

Agar tidak asal pilih, kamu bisa mengikuti beberapa cara memilih asuransi kesehatan yang bagus berikut ini.

 

1. Lakukan riset terlebih dahulu

Sebelum membeli asuransi kesehatan, kamu harus melakukan riset terlebih dahulu terhadap perusahaan asuransi tersebut. Pastikan perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan ini sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Kemudian, cek bagaimana proses klaim asuransinya, apakah mudah dan cepat. Berapa jumlah nasabah yang menggunakan produk mereka.

Perusahaan asuransi terbaik biasanya memiliki jumlah nasabah yang melimpah. Hal ini mengindikasikan kalau perusahaan asuransi tersebut terpercaya serta memiliki pelayanan yang bagus sehingga nasabah merasa senang dan puas menggunakan produk mereka.

Selain itu, kamu juga harus mencermati setiap produk yang ditawarkan dan bandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya.

2. Pelajari dengan baik polis asuransi kesehatan

Polis asuransi adalah sebuah bukti perjanjian tertulis atau kontrak kerjasama tertulis antara perusahaan asuransi (penanggung) dengan nasabah pengguna layanan asuransi (tertanggung) yang di dalamnya memuat syarat umum polis, hak dan kewajiban penyedia asuransi, pengecualian proteksi, pembatalan polis, dan sebagainya.

Baik asuransi kesehatan, asuransi jiwa, maupun asuransi kerugian, kontrak kerja sama ini disebut dengan polis asuransi.

Ketika hendak membeli asuransi kesehatan ataupun asuransi lainnya, pastikan kamu sudah mempelajari dengan baik isi polisnya. Sebab, polis yang sudah ditandatangani berarti semua proses pembayaran premi, klaim asuransi, dan proses lainnya akan berjalan mutlak sesuai dengan yang tertera di dalam polis.

3. Pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan bayar

Cari tahu jenis asuransi kesehatan seperti apa yang kamu butuhkan. Apakah kamu butuh asuransi kesehatan yang dapat memberikan manfaat lengkap, mulai dari rawat inap, rawat jalan, menanggung risiko penyakit kritis, dan sebagainya?

Dengan mengetahui jenis asuransi kesehatan yang dibutuhkan, akan memudahkan kamu saat memilih asuransi kesehatan nantinya.

Selain itu, kamu juga sebaiknya memilih asuransi dengan besaran premi yang sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Memilih asuransi dengan besaran premi diluar kemampuan keuangan hanya akan menyulitkan kamu saat proses pembayaran premi nanti.

4. Proses klaim yang mudah

Selain memastikan kalau perusahaan asuransi memiliki rumah sakit rekanan yang luas, memastikan proses klaim yang mudah juga harus kamu pertimbangkan saat memilih asuransi kesehatan.

Proses klaim yang sulit, lambat, dan tidak jelas hanya akan mempersulit kamu saat ingin merasakan manfaat yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan.

5. Rumah sakit rekanan yang luas

Ketika memilih asuransi kesehatan, cari tahu juga apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki rumah sakit rekanan yang luas. Jangan sampai memilih asuransi kesehatan yang menawarkan perlindungan terhadap berbagai penyakit, tapi asuransi tersebut hanya diterima di beberapa rumah sakit saja.

Jadi, pastikan rumah sakit rekanan asuransi tersebut tersebar luas di berbagai wilayah di Indonesia, termasuk wilayah domisili kamu saat ini. Dengan begitu, kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan ini dengan mudah.

6. Kebijakan double claim

Double claim adalah fasilitas yang memungkinkan kamu sebagai nasabah untuk mengajukan klaim ke dua perusahaan asuransi yang berbeda apabila asuransi kesehatan pertama tidak mencukupi. Sebagai contoh, kamu punya dua asuransi, kemudian harus dirawat inap selama dua hari dengan biaya Rp500 ribu.

Sementara itu, asuransi pertama hanya memberikan uang pertanggungan sebesar Rp300 ribu per harinya. Nah, untuk menutupi kekurangan Rp200 ribu tersebut, kamu mengajukan double claim di perusahaan asuransi kedua sehingga kamu tidak perlu membayar uang yang kurang tersebut.

Fasilitas double claim ini akan sangat membantu kamu ketika menghadapi situasi seperti ini. Jadi, carilah perusahaan asuransi yang memiliki kebijakan double claim serta pahami syarat dan cara klaimnya.

7. Pilih pertanggungan asuransi kesehatan murni

Jika sudah memiliki investasi, akan lebih baik jika memilih asuransi kesehatan murni saja. Dengan begitu, kamu bisa merasakan manfaat asuransi kesehatan secara maksimal.

Hal ini tentu berbeda ketika kamu memilih asuransi unit link di mana premi yang kamu bayarkan akan dibagi menjadi 60 persen untuk investasi dan 40 persen untuk asuransi kesehatan sehingga kamu tidak bisa 100 persen merasakan manfaat investasi maupun asuransi. ***

Artikel Terkait