Nasional

Kesuksesan G20, Momentum Konsolidasi Demokrasi dan Memperkuat Narasi Kebangsaan

Oleh : very - Sabtu, 19/11/2022 20:29 WIB

Romo Benny Susetyo. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Pelaksanaan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang juga bertepatan dengan Hari Toleransi Dunia, berlangsung aman dan damai. Hal itu tidak terlepas dari semangat harmonisasi kehidupan bangsa. Citra Indonesia dimata dunia semakin melesat sebagai sebuah negara yang patut diperhitungkan.

Karena itu citra Indonesia yang semakin baik ini jangan sampai tercoreng hanya karena tindakan tak senang yang berlandaskan paham tertentu atau tindakan yang sama sekali tidak mencerminkan Indonesia yang berharga ini.

Hal itu dikatakan Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Antonius Benny Susetyo. Dirinya menilai, gelaran G20 yang berlangsung aman dan kondusif secara tidak langsung membuktikan bahwa Indonesia mampu berdiri sejajar dengan negara maju lainnya. Khususnya dalam keseriusan dan komitmen seluruh lapisan guna menciptakan situasi yang aman dan nyaman bagi para pemimpin dunia.

“Sebenarnya, substansi dari KTT G20 itu membuktikan bahwa bangsa Indonesia ini mampu sejajar dengan negara maju lainnya. Rasa aman, tidak ada gangguan, politiknya stabil, itu yang membuat internasional menghargai dan percaya dengan kapabilitas Indonesia,” ujar Antonius Benny Susetyo di Jakarta, Sabtu (19/11/2022).

Romo Benny menilai, hal ini tidak terlepas dari dukungan dan kesadaran masyarakat yang semakin hari kini sudah mengalami peningkatan dari segi kualitas literasi digital.

Benny menyebut,  masyarakat kini sudah memahami bahwa konflik dan SARA (Suku Agama, Ras dan Antar Golongan) tidak hanya merugikan kepentingan nasional, tapi juga internasional.

“Masyarakat kita itu memang sebenarnya memiliki kesadaran, kesadaran bahwa stabilitas politik itu sangat penting. Sehingga sekarang, masyarakat semakin cerdas, tidak mudah terprovokasi, bisa memilah-milah, dan cenderung lebih tidak cuek dan tidak mudah terbawa arus. Masyarakat kita mulai pintar,” ucap pria yang akrab disapa Romo Benny ini.

 

Bertepatan dengan Hari Toleransi Dunia

Pria yang pernah menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Filsafat dan Teologi (STFT) Widya Sasana, Malang ini juga menuturkan, bahwa gelaran G20 yang juga bertepatan dengan Hari Toleransi Dunia, dimaknai sebagai momen untuk saling menghargai dan menghormati sebagaimana nilai persaudaraan sejati yang telah tertanam menjadi kultur bangsa Indonesia.

“Jadi Hari Toleransi yang bertepatan dengan G20 itu sebenarnya mau mengatakan bahwa toleransi itu sudah punya akar sejarah di indonesia, dan di bangsa ini, toleransi bukan hanya bermakna menghargai, namun sudah sampai pada persaudaraan sejati,” ucap pria yang akrab disapa Romo Benny.

Sehingga dirinya yakin, bahwa Hari Toleransi justru menjadi titik balik guna meneguhkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Hal ini juga yang semakin menekankan bahwa tanah lahir masyarakat Indonesia ini sejak awal memang berbeda-beda.

“Hari Toleransi justru meneguhkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Bangsa kita mampu hidup bersama dengan rukun ditengah perbedaan. Karena tanah lahir kita ini sejak awal ya plural, majemuk, tidak sekuler,” ujarnya.

Tidak hanya dalam gelaran G20, Romo Benny berharap kondisi masyarakat yang kompak dalam menciptakan rasa aman dan nyaman ini, bisa dipertahankan dan dipelihara. Menurutnya, guna terus mewujudkan hal tersebut, sangat mutlak membutuhkan dan melibatkan seluruh pihak.

“Harus terus dirawat, dengan cara membuat narasi kebangsaan itu terus menerus, seperti kemarin G20 itu kan melibatkan semua pihak, bahwa pentingnya menjaga ketertiban, kedamaian. Disinilah penguatan narasi kebangsaan menjadi kuncinya,” jelasnya.

Oleh karenanya, percepatan penyebaran narasi  kebangsaan pada ruang digital dan ruang publik menjadi kunci guna menciptakan atmosfir bagi tercipatanya kesejahteraan bangsa yang juga dipercaya mampu memperkecil ruang gerak paham tertentu.

“Jadi kita berharap momentum G20 ini membangun konsolodasi demokrasi dan memperkuat narasi kebangsaan itu,” ucap Romo Benny. ***

Artikel Terkait