Nasional

Pj Bupati Maybrat bersama Kepala Daerah se-Papua Barat terima DIPA dan TKDD 2023 dari Pj Gubernur Papua Barat

Oleh : luska - Jum'at, 02/12/2022 21:03 WIB

Maybrat, INDONEWS.ID - Pada hari Jumat, 2 Desember 2022,  Pj Gubernur Provinsi Papua Barat, Paulus Waterpauw, menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) Tahun Anggaran (TA) 2023.

DIPA dan TKDD diserahkan Pj Gubernur Papua Barat kepada para Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga (K/L) dan Pemerintah Daerah di Papua Barat. 

Dengan didampingi oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Papua Barat, Bayu Andy Prasetya, dalam proses penyerahan DIPA dan TKDD di aula Gedung Keuangan Negara Sorong Kantor Wilayah Ditjen Bea Cukai Khusus Papua, Kota Sorong.

Penyerahan dilakukan secara simbolis kepada beberapa kepala daerah dan perwakilan kuasa pengguna anggaran (KPA) satker.

Dalam penyamapainnya Pj Gubernur Papua Barat mengatakan DIPA K/L dan Daftar Alokasi TKD, merupakan dokumen APBD 2023 yang menjadi acuan kerja para pimpinan satker dan kepala daerah di program pembangunan secara kolaboratif.

Penyampaian DIPA dan Daftar Alokasi TKD secara lebih awal merupakan komitmen pemerintah untuk mendukung kelancaran dan percepatan pelaksanaan APBN 2023 sejak awal tahun anggaran.

Itu juga demi mendukung kesiapan menghadapi tantangan perekonomian global, dengan tetap mengoptimalkan peran APBN sebagai instrumen untuk melindungi masyarakat.

Perkembangan ekonomi 2022 dan proyeksi 2023 Keberhasilan penanganan pandemi Covid-19 menjadi faktor penting dalam menjaga momentum pemulihan perekonomian nasional, akselerasi pemulihan ekonomi tersebut membuat level perekonomian Indonesia meninggkat atau setelah pandemi Covid-19.

Namun perekonomian global dihadapkan pada tantangan baru, yaitu disrupsi pasokan dan tensi geopolitik yang mendorong kenaikan harga komoditas pangan dan energi. 

Di tahun 2022 ini, telah terjadi krisis pangan dan energi di banyak negara di dunia. Krisis energi ditunjukkan dengan meningkatnya harga BBM dan gas di banyak negara di dunia termasuk Indonesia

Pemulihan ekonomi nasional khususnya Provinsi Papua Barat memasuki tahun 2023 sudah menunjukkan perbaikan, tetapi masih dibayang-bayangi tantangan dan risiko eksternalitas global.

Sesuai dengan arahan Presiden pada penyerahan DIPA dan TKD bahwa untuk mencapai keberhasilan tidak boleh bekerja sendiri-sendiri karena semua sektor pasti memiliki keterkaitan.

Untuk itu diperlukan sinergi dan koordinasi yang baik dan kuat antara pemerintah daerah, kementerian keuangan, seluruh instansi vertikal kementerian/lembaga, dan seluruh pihak terkait. 

Di samping itu juga, bupati/wali kota agar terus memonitor perkembangan inflasi di masing-masing daerah mengingat saat ini sedang dihadapkan pada tantangan disrupsi pasokan dan tensi geopolitik yang mendorong kenaikan harga komoditas pangan dan energi," kata Paulus Waterpauw. (Lka)

Artikel Terkait