Piala Dunia Qatar 2022

Diduga Cedera, Lionel Messi Terancam Absen di Laga Final Argentina vs Prancis

Oleh : Rulin Purba - Jum'at, 16/12/2022 21:43 WIB

Pose saat Lionel Messi mencengkeram paha kiri usai laga versus Kroasa, memunculkan dugaan cedera. (Foto: ist)

indonews (Qatar) - Laporan media sepanjang Jumat (16 Desember) ini membuat rakyar Argentina dan fans Lionel Messi di seantero dunia harus tahan nafas sembari deg-degan. Tak lain karena sang mega bintang tak ikut latihan pada hari ini. Ia diduga cedera hamstring pada laga semifinal melawan Kroasia.

Kini menjadi tanda tanya besar apakah ia bisa ikut memperkuat negaranya dalam final Qatar 2022 melawan Prancis, Minggu (18 Desember) pukul 22.00 WIB? 

Pertanyaan itu muncul karena ketidaksertaannya dalam latihan hari ini dan kemarin dikaitkan dengan momen seusai Argentina memenangkan laga 3-0 melawan Kroasia di semifinal. Saat itu ia tampak meninggalkan lapangan dengan gestur tertatih sembari memegangi paha belakang kaki kirinya. Beberapa media juga melaporkan kalau sesungguhnya Messi tak begitu nyaman dengan kaki kirinya jelang pertandingan, namun memaksakan diri untuk terus bermain. Maklum, ini adalah piala dunia kali terakhirnya (5 kali ikut Piala Dunia) dan ini kesempatan terakhirnya membawa trofi kejuaraan ke negerinya.

Sejauh ini tak ada konfirmasi resmi dari tim Argentina. Hanya saja kiper The Tango, Emiliano Martinez, yang kemudian bicara lantang kepada media. Ia membantah kalau kaptennya tengah cidera. Bahkan menyebut secara fisik tak ada masalah sama sekali bagi Messi.

"Tidak, ia tidak cedera! Anda bisa lihat ia ingin menyelesaikan semua pertandingan," ujar sang penjaga gawang.

"Secara fisik ia sangat bagus dan ia man of the match di setiap pertandingan," imbuhnya.

Kabar lain menyebutan pelatih Lionel Scaloni memang sengaja mengistirahatkan beberapa pemain intinya karena telah menjalani pertandingan berat melawan Kroasia, terlebih laga dengan Belanda dalam tempo dan tensi sangat tinggi sepanjang 120 menit.

Meski demikian, foto yang menunjukkan Messi mencengkeram paha kirinya usai laga versus Kroasia tetap  menjadi tadna tanya besar. Apakah itu sinyal cederanya kembali datang, membuatnya absen latihan, dan tentu saja menghadirkan spekulasi soal kehadirannya di laga final?

Argentinad dan fans Messi, mungkin juga para pecinta sepakbola dunia, kini sangat berharap bintang klub PSG itu bisa tampil di laga terakhirnya di piala dunia. Terlebih karena Messi belum pernah menicicip gelar juara karena gagal di empat edisi sebelumnya.

Pada sisi lain, kehadirannya ditunggu-tunggu karena rivalitas dengan bintang Prancis, Kylian Mbappe, yang tak lain adalah rekan bermainnya di PSG.  Keduanya sangat berpotensi menjadi top skorer Qatar 2022. Masing-masing saat ini mengoleksi 5 gol.

Dengan alasan itu tentu sangat disayangkan jika Messi hanya jadi penonton di partai final. Semoga saja benar Scaloni memang sengaja mengistirahatkannya sejenak. Sebab, tanpa Messi, nilai pertarungan versus Prancis jelas memudar. (rnp)

 

Artikel Terkait