Nasional

BSKDN Kemendagri Serahkan Piagam Penghargaan IGA 2022 kepada Bupati Sanggau

Oleh : luska - Rabu, 18/01/2023 19:48 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyerahkan piagam penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022 kepada Bupati Sanggau. Piagam itu diberikan karena Kabupaten Sanggau berhasil meraih penghargaan IGA 2022 kategori daerah perbatasan terinovatif. Penghargaan ini sedianya diterima Bupati Sanggau pada 23 Desember 2022 saat IGA 2022 digelar. Namun karena berhalangan hadir, piagam penghargaan baru diterima Bupati Sanggau pada Rabu, 18 Januari di Aula BSKDN. 

Dalam sambutannya, Kepala BSKDN Kemendagri, Yusharto Huntoyungo mengungkapkan, penghargaan tersebut merupakan bentuk pengakuan Kemendagri terhadap ekosistem inovasi di Kabupaten Sanggau yang terus meningkat. Dia mengatakan, pengakuan tersebut tidak hanya berasal dari Kemendagri tetapi juga dari tim penilai yang terdiri dari lintas kementerian dan lembaga serta pihak swasta yang memberikan perhatian terhadap penyelenggaraan pemerintahan di daerah. 

"Kami melihat bahwa kebijakan inovasi sudah dapat diterapkan dengan begitu baik oleh Bapak Bupati di kabupaten Sanggau, dan pada kesempatan kemarin dalam peninjuan di lapangan kami sudah menyaksikan langsung bagaimana penerapan inovasi di mal pelayanan publik berikut yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang ada di Kabupaten Sanggau," jelas Yusharto. 

Dirinya juga mengucapkan selamat dan mengapresiasi atas capaian inovasi Kabupaten Sanggau. Yusharto menjelaskan, penetapan penghargaan kepada Kabupaten Sanggau telah melalui proses penilaian IGA, mulai dari penilaian indeks inovasi daerah melalui pengukuran mandiri, validasi data, verifikasi oleh perguruan tinggi, paparan kepala daerah, hingga validasi lapangan.

"Selamat kepada Kabupaten Sanggau atas prestasi yang sudah dicapai sampai dengan saat ini," ungkapnya 

Sementara itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi yang hadir bersama jajarannya mengungkapkan permintaan maaf karena tidak dapat menghardiri gelaran IGA 2022. Dirinya berterima kasih kepada Kemendagri atas perhargaan yang diberikan kepada Kabupaten Sanggau. 

"Sebelumnya kami minta maaf karena tidak dapat hadir di tanggal 23 (Desember 2022) karena satu dan lain hal, tetapi hari ini kami sangat senang dan terima kasih karena dapat mengambilnya (piagam penghargaan) langsung, semoga ini (penghargaan) bisa menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan inovasi di Kabupaten Sanggau," pungkasnya. (Lka)

Artikel Terkait