Nasional

Menkes Budi: Booster Kedua Tidak Digunakan sebagai Syarat Perjalanan

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 26/01/2023 17:03 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin terus mendorong masyarakat terutama orang tua agar melakukan vaksinasi Covid-19 booster kedua. Meski begitu, Budi memastikan booster kedua tidak digunakan sebagai syarat perjalanan.

"Enggak (jadi syarat perjalanan)," kata Budi ditemui di Gedung AA Maramis, Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (26/1).

Budi menjelaskan, pemerintah mengurangi untuk mengatur masyarakat di masa transisi ini. Pemerintah justru mendorong masyarakat agar meningkatkan kesadaran usai kebijakan PPKM telah dicabut.

"Intinya intervensi pemerintah yang mengatur-atur masyarakat akan kita kurangi. Supaya partisipasi masyarakat atas kesadaran sendiri itu boleh ditingkatkan obat-obatan vaksinnya ada," kata Budi.

Dia menambahkan, sejauh ini vaksinasi booster kedua masih gratis. Namun, tapi tak menutup kemungkinan pemerintah akan mengubahnya jadi berbayar sebagai bagian dari strategi pandemi menuju endemi.

"Booster kedua sampai sekarang masih gratis. Memang kita ada rencana (berbayar), kan strategi dari pandemi ke endemi akan banyak langkah yang dilakukan," ucap Budi.*

 

Artikel Terkait