Opini

Memperkenalkan Acara Baru Literasi Akhir Pekan

Oleh : luska - Kamis, 16/02/2023 12:10 WIB

Penulis : Chappy Hakim – Pusat Studi Air Power Indonesia.

Literasi akhir pekan atau LITAKAN adalah sebuah acara baru yang pertama kali diperkenalkan ke publik pada tanggal 17 Desember 2022 yang lalu di Auditorium Perpustakaan Nasional (Perpusnas).   Sebuah acara yang dilaksanakan atas kerjasama antara Perpusnas dan PBK, Penerbit Buku Kompas.  LITAKAN merupakan acara yang ditujukan untuk lebih menyebarluaskan minat masyarakat umum terhadap literasi.   Kemasan acara LITAKAN terdiri dari silaturahmi para penulis dan pencinta literasi terutama yang tergabung dalam komunitas  para penulis The Writers, Satupena dan para penulis dan editor PBK, Penerbit Buku Kompas.   Acara utama dalam LITAKAN terdiri dari silaturahmi, bincang buku dan atau peluncuran buku serta live music.
    Pada acara LITAKAN yang pertama di bulan Desember 2022 lalu diisi dengan silaturahmi para peserta, peluncuran buku buku Chappy Hakim dan live music  yang diisi oleh Band The Playsets.  Sementara itu   acara LITAKAN jilid 2 berlangsung di Gedung Ardhya Loka Lanud Halim Perdanakusuma tanggal 26 Januari 2023.    Adapun rencana pelaksanaan LITAKAN jilid 3 akan dilaksanakan di QiLounge Hotel Sultan Jakarta pada tanggal 18 Februari 2023 yang akan datang.   
Pelaksanaan LITAKAN jilid 3 menjadi agak istimewa karena acara bincang buku akan diisi dengan mempromosikan buku hasil karya tulis para Duta Besar Indonesia.   Buku yang pertama berjudul  Diplomasi Membumi, Narasi Cita Diplomat Indonesia, hasil karya Dr.Darmansjah Djumala, M.A.   Buku kedua adalah Iran (Nuklir, Sanksi, Militer dan Diplomasi)  sebuah buku menarik tulisan dari Dian Wirengjurit.   Buku ketiga berjudul  Diplomasi Empat Benua  yang ditulis oleh Drs. Andradjati,M.IP.
LITAKAN agak berbeda dengan kebanyakan acara launching buku pada umumnya yang lazim dikenal sebagai bedah buku yang dipenuhi ajang diskusi serius.   Pada acara Literasi Akhir Pekan nuansa atau atmosfer yang dibangun jauh lebih relaks alias santai.   Dalam silaturahmi kekerabatan acara diselingi dengan mengumumkan atau launching buku oleh penulisnya yang menjelaskan sekilas tentang ide dan isi buku.   Tidak ada diskusi atau ulasan lebih jauh dari isi buku.   Acara diselang seling dengan pagelaran band The Playsets dan diakhiri dengan ramah tamah.   Dengan format seperti ini diharapkan dapat lebih banyak lagi mengundang banyak orang untuk meningkatkan minat mereka terhadap bidang literasi.   Didepan kawasan pintu masuk acara LITAKAN di gelar beberapa buku yang dapat dibeli oleh pengunjung dan juga beberapa buku yang akan dibagi kepada mereka yang hadir selepas mengisi buku tamu.   Pada sesi ramah tamah disediakan waktu untuk acara book signing oleh para penulis.   Disisi lain bagi para pengunjung yang senang bernyanyi, Band  The Playsets sudah siap mengiringinya.
LITAKAN jilid 3 yang rencananya akan berlangsung 18 Februari 2023 diisi oleh para penulis yang berprofesi sebagai Diplomat dalam hal ini Duta Besar.   LITAKAN jiliD 4  menurut rencana akan diselenggarakan pada bulan Maret yang merupakan sesi peluncuran buku hasil karya seorang Psikolog dan buku lainnya mengenai Barbershop.   Demikian selanjutnya pada bulan April selepas Lebaran kemungkinan akan dipromosikan buku hasil karya para prajurit TNI dalam hal ini para Jenderal, Laksamana dan Marsekal.   Bulan selanjutnya direncanakan dapat menampilkan para Pilot yang juga sebagai penulis buku.  Untuk sementara waktu LITAKAN memang akan dilaksanakan 1 bulan sekali.   Penggagas sekaligus penyelenggara adalah berasal dari  ide bersama Chappy Hakim, Harry Darmawan, Maskas dan Ivan yang bergabung dalam wadah yang didirikan mereka,  bernama CH Institute.    Sejak jilid pembuka, jilid 2 , jilid 3 dan seterusnya kelak diharapkan kegiatan LITAKAN dapat bergulir lancar secara terjadwal yaitu pada setiap bulan.   Mengingat cukup banyak dana yang diperlukan maka tidak bisa dihindari kegiatan ini memerlukan sponsor yang dapat membantu.   Pelaksanaan awal telah di support penuh oleh Kepala Perpusnas Bapak Syarif Bando, PBK dan beberapa kerabat yang mendukung secara sukarela.   Kedepan LITAKAN masih mencari bentuknya yang pas dalam hal memperoleh dukungan finansial untuk penyelenggaraannya.   CH Institute sangat optimis mengingat cukup banyak respon positif yang datang dari  berbagai pihak atas terselenggaranya acara Literasi Akhir Pekan ini.
Literasi akhir pekan pada hakikatnya bertujuan untuk turut serta berkontribusi dalam program upaya mencerdaskan kehidupan bangsa khususnya dalam bidang lliterasi. 

Jakarta 16 Februari 2023
 

TAGS : Chappy Hakim

Artikel Terkait