Nasional

Dies Natalis ke-67 Tahun IPDN

Oleh : luska - Selasa, 21/02/2023 17:55 WIB

Jatinangor, INDONEWS.ID - Sekolah kedinasan kebanggaan Indonesia yakni Institut Pemerintahan Dalam Negeri pada tanggal 17 Maret nanti akan menginjak usia 67 tahun. Dalam menyambut Dies Natalis ke-67 tahun ini, IPDN menyelenggarakan serangkaian acara antara lain stadium general, seminar nasional, orasi ilmiah, kegiatan donor darah dan beberapa perlomba seperti lomba debat wawasan kebangsaan, inovasi teknologi pelayanan pemerintahan, paduan suara, film pendek, olahraga dan lain sebagainya. Rektor IPDN Dr. Drs. Hadi Prabowo, M.M menyambut antusias seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis IPDN ini, menurutnya sesuai dengan perkembangan zaman, Dies Natalis IPDN tahun ini mengangkat tema “Melalui Optimalisasi Digitalisasi Kita Tingkatkan Profesionalisme Kader Pamong Praja Menuju Tata Kelola Pemerintahan Kelas Dunia”.

IPDN sudah mulai melaksanakan beberapa kegiatan menjelang Dies Natalis ke-67 sejak tanggal 21 Februari 2023 hingga nanti diselenggarakan acara puncak pada tanggal 17 Maret 2023. 

Menurut Hadi, pelaksanaan dies natalis ini diharapkan dapat mempererat jalinan silaturahmi antar civitas akademika IPDN, “Selain menjalin silaturahmi, rangkaian kegiatan dies natalis tahun ini digelar untuk dapat menumbuhkembangkan rasa kebersamaan, kreativitas, minat bakat, jiwa sosial, sportivitas dari civitas akademika IPDN”, ujarnya.

Masih menurutnya, dengan beragam lomba yang juga turut mengundang perguruan tinggi lainnya ini, diharapkan dapat mengasah jiwa-jiwa inspiratif, inovatif dan solutif dari praja dan aparatur sipil negara IPDN. 

Tak hanya rangkaian perlombaan, Hadi mengatakan bahwa IPDN juga akan melaksanakan stadium general dengan mengundang beberapa gubernur untuk menjadi narasumber acara, “Direncanakan tanggal 8 Maret 2023 nanti akan dilaksanakan stadium general dengan tema strategi kebijakan pembangunan daerah dalam mencapai target pertumbuhan ekonomi menurunkan angka kemiskinan dan penanganan stunting serta masalah-masalah daerah lainnya”, ujarnya.

Selain itu, pada tanggal 14 Maret 2023 direncanakan pula akan dilaksanakan seminar nasional yang mengusung tema “Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2024 dalam Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas, Demokratis, Jujur, Adil dan Bermartabat, “Pada seminar tanggal 14 maret nanti kami akan mengundang pejabat Komisi II DPR RI, Komisi Pemilihan Umum Indonesia, Badan Pengawas Pemilu dan beberapa narasumber lainnya”, tutur Hadi.

Dies natalis IPDN tahun ini tak hanya diikuti oleh civitas akademika IPDN, tapi juga turut mengikutsertakan perguruan tinggi se-Jawa Barat, “Sekitar tanggal 24 Februari sampai dengan 14 Maret akan diadakan perlombaan penalaran, seni fotografi, kesenian dan olahraga antar perguruan tinggi se-Jawa Barat, diantaranya perlomba debat wawasan kebangsaan, inovasi teknologi dan non teknologi pelayanan pemerintahan, lomba bernyanyi, lomba bola voli, tenis lapangan, bulu tangkis dan tenis meja”, ujarnya.

Khusus terkait pengabdian masyarakat, IPDN juga akan menggelar khitanan masal bagi masyarakat sekitar kampus IPDN juga kegiatan donor darah yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 s.d. 14 Maret 2023. (Lka)

 

TAGS : IPDN

Artikel Terkait