Opini

Literasi Akhir Pekan Jilid 4: Edisi Spesial Menyambut Bulan Ramadhan

Oleh : luska - Rabu, 22/03/2023 19:39 WIB

Rabu, 22 Maret 2023
Qi Lounge, Hotel Sultan, Jakarta.

CH Institute kembali menyelenggarakan kegiatan Literasi Akhir Pekan (Litakan) jilid keempat, yang dilangsungkan di Qi Lounge, Hotel Sultan, Jakarta. Literasi Akhir Pekan kali ini mengusung tema “Psikolog Menulis”, dimana Dra. Pusparani Hasjim, M.Psi. meluncurkan dua buah buku yang berjudul Time Out, dan Tribute To Ade Rani. Ibu Pusparani Hasjim sendiri merupakan seorang psikolog olahraga yang juga merupakan Ketua Ikatan Psikologi Olahraga (IPO), periode 2017-2021, dan telah berkecimpung di dunia psikologi olahraga selama belasan tahun.

Selain menjalani aktivitas sebagai Psikolog dalam bidang keolahragaan, Ibu Pusparani Hasjim juga aktif membina komunitas-komunitas sosial kemasyarakatan, terutama yang berkaitan dengan bidang seni dan budaya.

Kegiatan Literasi Akhir Pekan (Litakan) jilid keempat dibuka oleh Tascha Liudmila selaku master of ceremony (MC), yang memberikan pandangan awal mengenai sejarah berlangsungnya kegiatan Literasi Akhir Pekan yang diinisiasi oleh CH Institute, dan telah berlangsung selama empat kali, dimulai sejak Desember 2022 sampai Maret 2023. Bapak Patricius Cahanar selaku perwakilan dari Penerbit Buku Kompas (PBK) kemudian memberikan sambutan dan apresiasinya terhadap dua buku yang diluncurkan oleh Ibu Pusparani Hasjim, serta mengajak hadirin yang hadir untuk ikut aktif menulis dan mempublikasikan hasil karyanya. 

Prof. Dr. Enoch Markum dari Universitas Indonesia yang hadir sebagai salah satu narasumber, dalam kesempatan ini memberikan ulasan mengenai peluncuran dua buku tersebut menekankan  pentingnya peningkatan kepedulian terhadap isu-isu seputar psikologi olahraga, yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari pendidikan dan pembinaan olahraga di Indonesia. Guru Besar di bidang psikologi ini berharap semakin banyak ahli-ahli psikologi olahraga yang lahir dan mengembangkan studi keolahragaan dengan melibatkan unsur-unur pengetahuan di bidang psikologi.

Komite Olimpiade Indonesia yang diwakili oleh Tara Talitha dalam momentum yang sama turut  memberikan apresiasi terhadap berlangsungnya kegiatan Literasi Akhir Pekan Jilid keempat ini, 
dan memberikan penekanan mengenai keberagaman buku-buku yang dibahas, termasuk 
didalamnya mengenai buku-buku keolahragaan. Ia juga optimis jika ke depan semakin banyak lagi 
pihak-pihak yang mau mengangkat isu-isu olahraga dalam bentuk karya tulis maupun buku.

Dalam kegiatan kali ini, disertai pula pembagian buku-buku kepada beberapa instansi seperti 
Universitas Indonesia, Komite Olimpiade Indonesia, Ikatan Psikologi Olahraga, YPUI, dan beberapa komunitas lain nya. Pada sisi lain, juga diperkenalkan kembali buku berjudul Peradaban 
Rambut Nusantara karya Fatsi Hakim dan Oky Andries yang merupakan founder Chief Barber &
Company. Buku Peradaban Rambut Nusantara merupakan salah satu karya unik yang mengangkat 
keberagaman insan potong rambut di Indonesia, dan selama ini belum pernah dibahas secara 
mendalam oleh peneliti-peneliti di Indonesia. Buku ini sendiri banyak digunakan oleh para jurnalis 
dan akademisi, khususnya yang tertarik dalam bidang sosial serta humaniora.

Marsekal TNI Purn. Chappy Hakim sebagai pendiri CH Institute, kembali mengajak masyarakat 
Indonesia dan penelaah literasi untuk terus memperluas sosialisasi karya tulis dan buku-buku yang memiliki tema beragam. Hal ini sudah menjadi kebutuhan dan harus menjadi kebiasaan sebagai 
salah simbol kemajuan peradaban dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. 

CH Institute ke depan akan memperluas penyelenggaraan kegiatan Literasi Akhir Pekan (Litakan), dan berkomitmen untuk menghadirkan Literasi Akhir Pekan di daerah-daerah di seluruh wilayah di Indonesia serta luar negeri, bekerjasama dengan pemangku kepentingan terkait.

Literasi Akhir Pekan jilid keempat sendiri dihadiri oleh partisipan yang berasal dari unsur-unsur 
perguruan tinggi, komunitas penulis, komunitas olahraga, maupun komunitas seni dan budaya. 
Pada jilid keempat ini, para tamu yang hadir berkesempatan melaksanakan silaturahmi dan ramah tamah menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Kegiatan ini turut menampilkan band The Playset, yang berkolaborasi dengan komunitas angklung dan dansa, yang melahirkan suasana hangat dan kekerabatan yang terasa dekat diantara para pengunjung yang hadir Sinopsis Buku-buku dalam Literasi Akhir Pekan jilid 4:Time Out Buku berjudul Time Out, merupakan tulisan yang berisi perjalanan hidup seorang Pusparani Hasjim.

Dinamika perjalanan hidup dan proses pengembangan diri menjadi hal yang cukup 
mendalam dalam karakterisitk buku ini. Keterkaitan dalam tema-tema seputar psikologi dan olahraga secara smart diangkat dan diulas, sehingga dapat menjadi bacaan yang menarik bagi pihak-pihak yang memiliki atensi terhadap dunia psikolog dan keolahragaan di Indonesia. 

Pendekatan bahasa populer yang digunakan akan membantu pembaca dalam mencermati kronologis historis dalam buku ini.

Tribute To Ade Rani
Tribute to Ade Rani merupakan kumpulan tulisan dari para sahabat, kolega, dan handaitaulan 
Pusparani Hasjim, yang dikumpulan dan menjadi sebuah bacaan yang menarik dan memiliki sisi 
humanisme yang dapat dijadikan pelajaran oleh para pembaca. Dalam karya ini, puluhan orang 
mengulas dan memberikan pengetahuan nya terhadap sosok Pusparani Hasjim, baik sebagai 
seorang teman, sahabat, maupun kolega. Sosok Pusparani Hasjim sebagai tokoh publik yang gemar
berkecimpung dalam bidang sosial dan budaya membuat karya ini tepat untuk dibaca oleh peminat 
literasi di Indonesia.

Peradaban Rambut Nusantara
Tema yang diangkat dalam buku ini secara cerdas akan membawa para pembaca mengetahui seluk 
beluk keberadaan potong rambut di Indonesia, baik dari sisi pihak pemotong rambut, maupun 
karakterisitk model rambut yang trend di Indonesia. Buku karya Fatsi Hakim dan Oky Andries ini 
dapat menjadi bacaan ringan, dengan tidak mengurangi kualitas tulisan sehingga dapat dijadikan rujukan bagi pihak-pihak yang tertarik dengan pembahasan tema-tema seputar humaniora dan budaya Indonesia, yang selama ini justru banyak diangkat oleh para peneliti dan penulis asing.

TAGS : Chappy Hakim

Artikel Terkait