Nasional

Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro Lantik Wakil Rektor IPDN dan Sejumlah Pejabat di Lingkungan Kemendagri

Oleh : Mancik - Rabu, 19/04/2023 15:12 WIB

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro (Dok.Kemendagri)

INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro melantik Wakil Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Pejabat Administrator, Pengawas dan Fungsional di Lingkungan Kemendagri.

Pelantikan dilaksanakan secara hybrid dari Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP), Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Selasa (18/4/2023).

“Pelantikan kita pada pagi hari ini yang pertama adalah pengukuhan kembali karena perubahan-perubahan nomenklatur. Sebagaimana kita ketahui bersama organisasi Kemendagri mengalami perubahan dan rekan-rekan di komponen eselon I itu juga ada yang sebagian (mengalami perubahan),” kata Suhajar.

Akibat perubahan nomenklatur tersebut, jelasnya, sebagian posisi Aparatur Sipil Negara (ASN) mesti dikukuhkan ulang. Adapun sisanya merupakan promosi (dari eselon IV ke eselon III) ataupun rotasi. Untuk rotasi dan promosi karena beberapa faktor, seperti pensiun, kekosongan jabatan, dan demosi.

“Jadi ini variasi. Ini semuanya adalah dinamika organisasi, organisasi ini kan bagai tubuh yang di dalamnya ada darah yang mengalir, karena itu pergeseran ini adalah simulasi. Jadi kalau peraturan mengatakan dalam sebuah jabatan setelah dua tahun dievaluasi, maksimal lima tahun harus dievaluasi,” terangnya.

Dia menambahkan, dinamika organisasi terus bergerak, karenanya mutasi, rotasi, dan pergeseran menjadi hal yang biasa. Dalam hal ini Biro Kepegawaian bertugas memetakan potensi pegawai secara menyeluruh dengan assessment.

“Tugas Biro Kepegawaian menyinkronkan ini,” ungkapnya.

Sebagai informasi, di antara sejumlah nama yang dilantik, tiga orang di antaranya merupakan wakil rektor IPDN, yakni Hyronimus Rowa sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi; Yudi Rusfiana sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan; dan Deti Mulyati sebagai Wakil Rektor Bidang Hukum, Kerja Sama, dan Kepegawaian. Sedangkan untuk pejabat administrator, pengawas, dan fungsional berasal dari berbagai komponen di lingkungan Kemendagri.*

TAGS : IPDN

Artikel Terkait