Bisnis

Mengenal Apa itu Kompetensi, Jenis, Hingga Cara Meningkatkannya

Oleh : very - Senin, 01/05/2023 15:31 WIB

Cara meningkatkan kerja sama yang bisa mendukung kompetensi. (Foto: Ilustrasi)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam dunia kerja, kompetensi adalah salah satu hal yang wajib untuk dimiliki oleh setiap karyawan.

Kompetensi sendiri merupakan sebuah kecakapan yang dimiliki oleh seseorang dalam melakukan sesuatu dan yang dapat memengaruhi semua aspek dalam kemajuan perusahaan.

Tanpa memiliki kompetensi yang baik, maka akan memungkinkan bagi perusahaan tersebut untuk kesulitan dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkannya.

Pada artikel kali ini, kami akan membantu Anda untuk memahami apa itu kompetensi hingga cara meningkatkannya. Simak penjelasan berikut sampai tuntas ya!

 

Apa itu Kompetensi?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kompetensi dapat diartikan sebagai sebuah kemampuan atau keterampilan.

Sedangkan, menurut UU No 13 Tahun 2003, pengertian dari kompetensi adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengenal keterampilan, wawasan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar atau aturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Selain kedua pengertian tersebut, terdapat juga pengertian menurut ahli Robert A. Roe (2003) yang menjelaskan bahwa kompetensi adalah sebuah gambaran kemampuan seseorang dalam melaksanakan tugas atau peran yang dimilikinya. Tugas tersebut meliputi kemampuan dalam mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai-nilai pribadi.

 

Jenis-jenis Kompetensi

Kompetensi sendiri dapat terbagi menjadi beberapa jenis yang dapat didefinisikan oleh banyak ahli, salah satunya adalah Palan yang menjelaskan jenis-jenisnya melalui buku yang berjudul Competency Management.

Menurut Palan, dalam kompetensi akan terdapat empat jenis yang berbeda, di antaranya adalah sebagai berikut.

1.     Kompetensi Inti

Kompetensi inti merupakan keinginan dari suatu organisasi untuk mendapatkan kompetensi dan nilai yang berlaku secara universal dan diterapkan di seluruh organisasi.

2.     Kompetensi Fungsional

Jenis ini merupakan kompetensi yang menjelaskan aktivitas kerja dan juga hasil atau output seperti pengetahuan dan kemampuan yang akan dibutuhkan dalam melakukan sebuah pekerjaan.

3.     Kompetensi Perilaku

Kompetensi perilaku diidentifikasi melalui kegiatan wawancara atau basis data. Jenis kompetensi ini merupakan dasar yang dibutuhkan oleh seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan.

4.     Kompetensi Peran

Kompetensi jenis satu ini lebih kepada sebuah peran yang harus dijalankan oleh setiap anggota tim.

 

Cara Meningkatkan Kompetensi Kerja

Jika perusahaan Anda ingin memiliki karyawan yang berkompetensi, maka Anda harus ikut andil dalam membantu para karyawan dalam meningkatkan kompetensi yang dimilikinya.

Untuk memudahkan perusahaan Anda dalam meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh karyawan, Anda bisa menggunakan bantuan dari software Talent Management System.

Dengan menggunakan software tersebut, maka Anda dapat mengetahui secara mudah mengenai kompetensi apa yang seharusnya dimiliki oleh karyawan dalam menunjang pekerjaan yang dimilikinya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa cara seperti dibawah ini dalam meningkatkan kompetensi kerja karyawan.

1.     Membangun Teamwork

Dalam sebuah perusahaan, tentu Anda akan menemukan berbagai macam individu dengan perbedaan latar belakang. Dengan adanya perbedaan ini, tentu perusahaan harus memiliki kemampuan dalam membangun teamwork guna mempermudah dan mempercepat realisasi tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Jika setiap karyawan dengan beragam job desc dapat disatukan melalui teamwork yang baik, maka segala tantangan yang akan dihadapi oleh perusahaan akan lebih mudah untuk dipecahkan.

2.     Lakukan Kegiatan di Luar Rutinitas

Cara meningkatkan kompetensi kerja karyawan selanjutnya adalah dengan melakukan kegiatan di luar rutinitas, misalnya kegiatan makan bersama atau rekreasi.

Meskipun tidak dilakukan secara sering, namun, kegiatan ini merupakan cara yang dapat menarik para karyawan untuk tetap senang dan betah pada lingkungan kerja yang dimilikinya.

Jika para karyawan merasa senang dan betah, maka mereka akan termotivasi untuk meningkatkan kompetensi.

3.     Menciptakan Lingkungan Kerja yang Menyenangkan

Hal terakhir adalah dengan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan, hal ini bisa dilakukan melalui penataan fasilitas yang cukup dan dibutuhkan oleh karyawan.

Dengan fasilitas yang memadai ini, maka akan membuat para karyawan untuk lebih fokus dalam bekerja dan akan memberikan mereka semangat dan motivasi dalam meningkatkan kompetensi yang dimilikinya.

Itulah informasi mengenai kompetensi yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda! ***

 

Artikel Terkait