Opini

Gado-gado Indonews 001

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 02/09/2023 09:31 WIB

Oleh Zaenal Abidin 

Jakarta, INDONEWS.ID -  Langit Jakarta uda gak biru lagi, polusi udaranya parah, kebanyakan asap kendaraan sama cerobong asap pabrik. Bang Heru Plt Gubernur ampe puyeng mikirin pegawainya.

Tuh pegawai ampe diminta bekerja dari rumah aje. Jangan masuk kantor dulu, dengan harapan siape tau tuh langit bisa biru lagi gara-gara asap knalpot mobil dan motor pegawainya gak berseliweran di jalan Thamrin Sudirman dan bilangan Senayan.

Di luar negeri bikin ujan buatan untuk ngurangin polusi udara di langit uda lama dilakukan, China termasuk yang sering, India dan Jepang juga. Di kampung kita sendiri ujan buatan juga bukan mainan baru, ujan buatan juga sering kita bikin tapi biasanye buat ngatasin kebakaran hutan.

Di Sumatera dan Kalimantan yang hampir tiap tahun asapnya sampai ganggu negara-negara tetangga, terutama Singapur yang rakyatnya cemen-cemen, kena asep sedikit aje langsung nyesek dadanye.

Konyolnye di daerah Jakarta yang polusi udaranye paling jelek dan sengak justru daerah Jeruk Purut. Padahal ini wilayah Jakarta Selatan yang di seluruh Jakarta masih paling banyak pohon dan adem. Apalagi Quraish Shihab tinggalnya juga di daerah Jeruk Purut, dan beliau sama sekali tidak udud karena sudah lumayan sepuh.

Selidik punya selidik, kenapa Jeruk Purut daerah yang udaranya paling terkena polusi nomor wahid di Jakarta? Eh rupanya ada pembangunan apartemen lumayan gede di Jeruk Purut, dah lagi serentak ada pemotongan keramik untuk setiap lantainya.

Nah kebayang dah debu dari keramik yang dipotong-potong beterbangan kesana kemari memenuhi udara di sekitar Jeruk Purut, begitu mesin deteksi udara dinyalakan, langsung bunyi nguing nguing.

Nah kalau sudah ketahuan polusi udara di Jeruk Purut diakibatkan pembangunan apartemen yang sedang motong motong keramik, harus ditegur diberikan sanksi dan solusi. Sanksinya Pemda sudah pasti punya perda lengkap dengan aturan mainnya.

Solusinya mungkin boleh saja melaksanakan pemotongan keramik, tetapi sebaiknya di musim penghujan. Jadi debu debu hasil pemotongan tidak terbang kemana mana meracuni warga, hewan dan pohon pohon disekitarnya

Artikel Terkait