Nasional

Pertemuan Bilateral dengan Prancis, Indonesia Apresiasi Kerja Sama Ekonomi dan Dukungan pada Isu Strategis di KTT G20 India

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 11/09/2023 09:07 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Delegasi Indonesia yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, di sela-sela gelaran KTT G20 New Delhi, Sabtu (9/10). Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas realisasi investasi dan kerja sama ekonomi yang terjalin antara Indonesia dan Prancis.

Presiden Jokowi berharap Prancis dapat merealisasikan komitmen untuk proyek transisi energi, termasuk di dalamnya melalui skema Just Energy Transition Partnership (JETP). “Terkait transisi energi, saya harap Prancis dapat merealisasikan komitmen untuk proyek transisi energi, termasuk melalui skema JETP,” ungkap Presiden.

Selain itu, dijajaki pula kerja sama investasi di sektor strategis lainnya seperti pertahanan dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam pertemuan ini. “(Terkait) investasi di sektor strategis saya menghargai Dubes Prancis untuk Indonesia yang telah membawa calon investor Prancis ke IKN dan menghasilkan empat Letter of Intent (LoI) untuk mendukung pembangunan IKN. Saya harap kesepakatan ini dapat segera direalisasikan,” ucap Presiden Jokowi.

Menindaklanjuti negosiasi dalam Deklarasi Pemimpin G20 New Delhi, Presiden Jokowi juga turut menyampaikan apresiasi kepada Prancis yang telah memperlihatkan fleksibilitas posisi atas tindak pelecehan simbol agama dan kitab suci.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi juga menyampaikan harapan agar Prancis dapat mendukung aplikasi keanggotaan Indonesia di OECD. Sebagai salah satu pendiri dan negara tempat OECD bermarkas, Prancis diharapkan dapat membagi pengalaman terkait cara kerja dan optimalisasi manfaat keanggotaan OECD. Pemanfaatan standar kebijakan OECD juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kerja sama ekonomi di antara kedua negara.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya. 

Artikel Terkait