Nasional

Srikandi PLN Goes to Campus: Perkenalkan Proyek Sampai Informasi Rekrutmen PLN Group

Oleh : Mancik - Selasa, 24/10/2023 10:22 WIB

Sosialisasi bertajuk `Srikandi PLN Goes to Campus: Come & Join PLN Group, The Future Energy Provider` di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Mataram.(Foto:Dok.PLN)

INDONEWS.ID - Dalam rangka memberdayakan perempuan, terutama dalam lingkup internal perseroan, PT PLN (Persero) menggelar kegiatan sosialisasi bertajuk `Srikandi PLN Goes to Campus: Come & Join PLN Group, The Future Energy Provider` di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Senin 23 Oktober 2023.

Srikandi PLN merupakan katalis yang berperan penting dalam menunjang kinerja perusahaan. Srikandi PLN berperan membangun kapasitas dan kompetensi perempuan dan aktif menjaga keandalan pasokan listrik untuk menerangi negeri, sehingga penting untuk melengkapi jabatan struktural dari kalangan perempuan.

Kegiatan ini digagas untuk memperkenalkan PT PLN (Persero) kepada para calon maupun sarjana muda, terutama perempuan, yang memiliki minat dan bakat untuk bergabung menjadi salah satu pejuang penyalur tenaga listrik.

Kegiatan ini dihadiri oleh alumnus maupun mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Mataram dan beberapa mahasiswi dari berbagai jurusan lain di Universitas Mataram.

Dekan Fakultas Teknik Universitas Mataram, Muhamad Syamsu Iqbal, mengungkapkan bahwan keterlibatan perempuan di bidang engineering sudah mengalami peningkatan sehingga kontribusinya pun semakin besar.

"Semoga kegiatan ini mendapat respons positif. Sehingga di antara yang datang hari ini tertarik untuk bergabung dengan PLN," ucap Muhamad Syamsu Iqbal.

Senada dengan Dekan Fakultas Teknik Universitas Mataram, Champion Srikandi PT PLN (Persero) UIP Nusra, Retno Widyastuti, tak memungkiri saat ini seluruh perusahaan tengah fokus pada peningkatan kinerja perusahaan sejalan dengan mengkampanyekan pengarusutamaan gender.

"Kegiatan ini merupakan program kerja Srikandi yang sejalan dengan pengarusutamaan gender," kata Retno Widyastuti.

Para peserta yang hadir juga turut diperkenalkan dengan dunia kerja PT PLN (Persero), khususnya di Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra), proyek-proyeknya, serta program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan.

"Kami Srikandi PLN siap kalau harus turun ke lapangan untuk mengecek proyek. Itu sudah biasa. Karena semuanya akan belajar pada waktunya, sampai jadi ahli," kata Officer Komunikasi PT PLN (Persero) UIP Nusra, Tri Yulianti.

Manager PT PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan Cakranegara, Citra Rezkhi Dewi Maharani, menjelaskan bahwa Srikandi adalah program turunan Kementerian BUMN yang menjadi counterpart dari bisnis proses implementasi program pengarusutamaan gender.

"Kami juga ada SK-nya untuk setiap tahun ada rapat kerja dan diminta menyusun program sesuai visi misi kami, yaitu mengoptimalkan wilayah kerja kami, khususnya untuk wanita dan wanita di lingkungan provinsi NTB," ucap Citra Rezkhi Dewi Maharani.

Dalam kegiatan itu juga turut dipaparkan perihal rekrutmen PT PLN (Persero) Group Putra-Putri Asli Maluku dan Nusa Tenggara yang saat ini tengah dibuka.

"Ini adalah rekrutmen khusus. Rival kalian adalah teman-teman se-pulau atau se-provinsi. Ini Previlage, karena khusus Maluku dan Nusa Tenggara," jelas Analyst Pengembangan Talenta Area 10 PLN UIW NTB, Franycia Pangkey.

Adapun persyaratan yang diperlukan di antaranya, pelamar adalah putra-putri asli Maluku, Maluku Utara, NTB, dan NTT. Salah satu atau kedua orangtua bermarga atau suku asli Maluku, Maluku Utara, NTB, NTT.

Selanjutnya, batas usia untuk jenjang pendidikan S1 atau D4 yakni 27 tahun. Sedangkan, batas usia untuk jenjang D3 yakni 25 tahun. Untuk IPK batas minimum adalah 2,75.

"Alur seleksinya yaitu tanggal 16 sampai 25 Oktober. Jangan lupa siapkan semua kelengkapan. Semuanya online. Jadi hanya attachment saja di website," kata Franycia Pangkey.

Terkait jurusan yang dibuka serta beberapa informasi dan persyaratan perekrutan lainnya dapat diakses langsung melalui laman rekrutmen.pln.co.id.

Dalam kegiatan ini para peserta yang hadir tampak antusias untuk mengetahui seluk beluk kerja PLN, peran Srikandi PLN, serta persyaratan dan peluang dalam perekrutan PT PLN (Persero) Group.

"Acara Srikandi Goes to Campus ini keren banget karena buat kita para wanita jadi bisa tahu bagaimana kerja kita nanti di PLN. Semoga di jurusan saya bisa banyak peluangnya," ujar mahasiswi Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mataram, Lala Aprianti R.

Mahasiswi Fakultas Teknik Universitas Mataram, Ardina Amelia, mengungkapkan kegiatan Srikandi PLN Goes to Campus sangat bermanfaat bagi para mahasiswi semester akhir dalam mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja.

"Banyak ilmu, dan kita banyak tahu bagimana PLN itu, ada apa saja di PLN. Harapan saya sebagai mahasiswi Teknik Industri, semoga dibuka lebih banyak lagi posisi untuk teknik industrinya," kata Ardina Amelia.*

TAGS : PLN

Artikel Terkait