Daerah

Bupati Eka Putra: Sederetan Prestasi Tanah Datar Selama 2023

Oleh : luska - Minggu, 25/02/2024 18:47 WIB

Bupati Tanah Datar bersama kontributor indonews.id Mustafa Akmal Datuk Sidi ali

Tanahdatar, INDONEWS.ID --- Sedereran Prestasi yang diperoleh Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Sepanjang Tahun 2023 semua tak terlepas dukungan seluruh ASN Bersama  masyarakat dan Perantau tanah Datar.

Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Eka putra didampingi Kadis Kominfo Tanah Datar Yusrizal kepada perwakilan Biro Indonews Sumbar mustafa akmal datuk sidi ali SH MH

Selain raihan prestasi yang didapatkan, Kabupaten Tanah Datar juga menjadi salah satu daerah di Sumatera Barat yang sering didatangi tokoh nasional di jajaran pejabat pemerintahan pusat. 

Berbagai prestasi itu akui bupati menerima penghargaan dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman atas dedikasi dan kontribusinya sebagai kepala daerah yang aktif dalam mendukung dan menyukseskan sektor pertanian.

Sektor pertanian di Tanah Datar menjadi program unggulan daerah yang telah dituangkan kedalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kabupaten Tanah Datar merupakan satu-satunya kabupaten di Sumatera Barat yang meraih penghargaan BKN Award Tahun 2023 dalam kategori implementasi penerapan manajemen kinerja pemerintah kabupaten, wilayah Badan Kepegawaian Negara Regional XII Pekanbaru.

Kemudian  menerima penghargaan terbaik 2 pada Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) untuk wilayah Sumatera, sementara juara 1 diraih oleh Kabupaten Kampar dan juara 3 diraih Kabupaten Bengkalis.

Selanjutnya, Pemkab Tanah Datar menerima Penghargaan DJPB Award 2023 Dilingkup Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) Provinsi Sumatra Barat Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Bupati tanah Datar menerima Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) 2023 dari Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Pusat melalui BKKBN kepada sosok yang dinilai mempunyai dedikasi tinggi terhadap program pengendalian penduduk.

Peringkat 1 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Award Berturut turut untuk wilayah Sumatera. Peringkat pertama kategori kabupaten atas Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) untuk wilayah Sumatera Sumatera Barat dan enam besar di nasional.

Penghargaan dari Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat Kepada
Pemerintah Daerah atas kepatuhan standar pelayanan publik. Penghargaan Dukcapil Prima Award Tahun 2023 kategori Kabupaten/Kota Dengan jumlah penduduk kecil dari Kemendagri RI.

Memperoleh Sebelas Kali Berturut-turut, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), Atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Dari BPK RI.

Kabupaten Peduli Hak Azazi Manusia (HAM) tahun 2022 atau 7 Kali berturut-turut dengan capain nilal tertinggi 100. Kabupaten Layak Anak kategori Madya.

Penghargaan sebagai Kepala Daerah Penggerak Literasi tahun 2023 karena dinilai telah memberikan dukungan dan kontribusi dalam menggerakkan literasi di daerah.

Tokoh Penggerak Koperasi Madya atas kepeduliannya terhadap pengembangan koperasi di kabupaten Tanah Datar yang diberikan langsung oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Dr. Gumiwang Kartasasmita kepada Bupati Tanah Datar.

Satu-satunya Bupati/Walikota Se-Sumatera Barat yang menerima Penghargaan tokoh keterbukaan informasi publik kategori Achievement Motivation Person yang dari Komisi Informasi Sumatera Barat.

Best Leader Of The Year Tahun 2023 kategori pelestarian budaya nagari oleh Padang TV dengan program satu nagari satu event.

Berhasil meraih Piala Adipura untuk ke enam kalinya kategori kota kecil yang diserahkan Menteri Lingkungan Hidup. Penghargaan itu melengkapi penghargaan yang didapat pada tahun 1993, 2008, 2009, 2010 dan tahun 2018.

Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra terhadap Pogram Kampung Iklim (Proklim), dan lainnya.(M.Datuk)

TAGS : Tanahdatar

Artikel Terkait