Nasional

Presiden Jokowi Bertemu Ribuan Nasabah Mekaar di Makassar

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 15/03/2024 20:31 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Di sana ia bertemu dengan 5.000 nasabah Mekaar PNM.

"Saya masuk di sini seneng banget, karena semangat ibu-ibu yang keliatannya semangat sekali," kata Jokowi, Kamis (22/2/2024).

Di tengah pidatonya ia membahas salah satu produk Nasabah PNM Mekaar yang memiliki kemasan menarik. "Packaging-nya juga bagus, ada yang mereknya mama muda, coba mereknya Mama Muda, bagus sekali," pujinya.

Sudah dari beberapa titik sebelumnya, Jokowi terus mengingatkan ibu-ibu Mekaar untuk konsisten semangatnya dalam berusaha. Beberapa contoh nasabah unggulan yang berhasil melakukan ekspor juga diapresiasi olehnya.

"Sehingga karakter ini yang sebetulnya kita bangun, memberikan kail agar bisa memancing ikan, bukan memberi ikan sekali kemudian setelah itu kita tinggal," uja Jokowi.

Menteri BUMN, Erick Thohir juga memaparkan tentang dampak PNM bagi masyarakat Indonesia, terutama perempuan prasejahtera di Indonesia.

"Ketika kami menerima amanah, tentu pada tahun 2019 jumlahnya kurang lebih 6 juta nasabah, Alhamdulilah dengan kerja keras kita semua dan dorongan dari Bapak Presiden hari ini jumlahnya sudah 15,2 juta nasabah," katanya.

PNM Mekaar adalah lembaga pembiayaan dan pendampingan perempuan prasejahtera di Indonesia melalui sektor ultra mikro. Sehingga tidak hanya memberikan modal usaha, tetapi berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk juga dilakukan. Hingga kini sudah ada 15,2 juta nasabah PNM di seluruh Indonesia.

Artikel Terkait