Daerah

Peresmian Kantor Kampung Ibasuf oleh Pj Bupati Maybrat: Simbol Pelayanan Masyarakat yang Maju

Oleh : luska - Selasa, 02/07/2024 13:10 WIB

Maybrat, INDONEWS.ID - Selasa, 2 Juli 2024, Pj Bupati Maybrat menghadiri peresmian Kantor Kampung Ibasuf di Distrik Aitinyo. Acara peresmian ini juga dihadiri oleh Dra. Yohana Iek, Asisten I Setda Kabupaten Maybrat, Kepala Distrik Aitinyo, Kepala Kampung Ibasuf, Danramil Aitinyo, Kapolsek Aitinyo, serta tokoh masyarakat dan warga setempat. Kehadiran tokoh-tokoh penting tersebut menambah semarak acara yang dinantikan oleh masyarakat Kampung Ibasuf. 

Peresmian Kantor Kampung Ibasuf dimulai dengan pengguntingan pita secara simbolis oleh Kepala Distrik Aitinyo, Kepala Kampung Ibasuf, Danramil Aitinyo, dan Kapolsek Aitinyo. Mereka didampingi oleh tokoh masyarakat yang turut serta dalam prosesi ini. Setelah pengguntingan pita, Pj Bupati Maybrat beserta rombongan memasuki kantor baru tersebut. Pj Bupati mengungkapkan kekagumannya atas kondisi kantor yang bagus, rapi, dan lengkap dengan fasilitas pendukung yang memadai.

Acara dilanjutkan dengan ibadah bersama yang khidmat, diikuti dengan persembahan dan penampilan kelompok tari Kodok Timus yang memukau hadirin. Tari-tarian tradisional ini menjadi simbol kekayaan budaya yang tetap dijaga oleh masyarakat Kampung Ibasuf. Sumber dana pembangunan kantor kampung ini berasal dari dana desa tahun 2022 dan 2023, partisipasi warga kampung, serta sumbangan dari berbagai mitra dan partnership. Pembangunan kantor ini memakan biaya sebesar 357 juta rupiah, dengan sisa biaya yang dikembalikan kepada pemerintahan Kampung Ibasuf.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Maybrat menyampaikan bahwa kantor kampung merupakan garda terdepan dalam berinteraksi dengan masyarakat. Kantor kampung harus menjadi pusat pelayanan pemerintahan yang efektif dan efisien. Kepala kampung diharapkan memiliki jiwa yang ingin berkembang dan mampu mengikuti perkembangan zaman. Dengan demikian, pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan warga.

Pj Bupati juga menghimbau agar kepala kampung bisa menjadi hakim perdamaian di tengah masyarakat. Kepala kampung harus mampu menjadi penengah dan menyelesaikan berbagai perselisihan yang mungkin terjadi. Peran ini sangat penting untuk menjaga kerukunan dan keharmonisan di dalam kampung. Kepala kampung diharapkan bisa memberikan solusi yang adil dan bijaksana bagi semua pihak yang berselisih.

Dukungan masyarakat terhadap penyelenggaraan pemerintahan sangat penting dalam pembangunan kampung yang berkelanjutan. Pj Bupati Maybrat mengapresiasi seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan kantor kampung ini. Partisipasi aktif warga menunjukkan semangat gotong royong yang masih terjaga dengan baik di Kampung Ibasuf. Hal ini menjadi modal penting dalam membangun kampung yang lebih maju dan sejahtera.

Setelah doa bersama dan makan siang, Pj Bupati Maybrat turut menikmati hidangan bersama para undangan dan masyarakat Kampung Ibasuf. Suasana kebersamaan dan kekeluargaan sangat terasa dalam momen tersebut. Warga Kampung Ibasuf menyambut baik kehadiran Pj Bupati dan berharap pembangunan kampung mereka dapat terus berlanjut di masa depan.

Artikel Terkait