INDONEWS.ID

  • Jum'at, 16/03/2018 19:57 WIB
  • Saling Sinergi Babinsa dengan Masyarakat, Wilayah Koramil 08/DS Aman Terkendali

  • Oleh :
    • luska
Saling Sinergi Babinsa dengan Masyarakat, Wilayah Koramil 08/DS Aman Terkendali
Danramil 08/DS saat berikan arahan kepada remaja Kelurahan Pondok Bambu. (Indonews.id/Luska)

Jakarta, INDONEWS.ID - Berkat kesinergitasan antara babinsa, aparat keamanan, pemerintahan setempat, serta dukungan masyarakat Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, wilayah Koramil 08/DS Jumat (16/3/2018) terpantau dalam keadaan aman dan terkendali.

Hingga malam hari tidak ada kegiatan ataupun peristiwa yang menonjol atau yang meresahkan warga. namun demikian Babinsa 08/DS tetap memantau dan selalu siaga untuk menghadapi hal hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Masuk Secara Ilegal, 4 Warga Timor Leste Diamankan di PLBN Motamasin

Hal tersebut dijelaskan oleh Babinsa 08/DS Serti Idham Cholid dalam laopran tugasnya usai melakukan pengecekan di wilayahnya, Jumat (16/3/2018).

Sebagai informasi Babinsa merupakan kependekan dari Bintara Pembina Desa, Babinsa TNI AD merupakan aparat terdepan teritorial TNI AD yang sering disebut dengan istilah ujung tombak teritorial atau unsur terdepan dari mata rantai Binter yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Baca juga : Pemred indonews.id Hadiri Halal Bi Halal di Kediaman Laksamana Purn Ade Supandi

Babinsa merupakan anggota TNI yang memiliki tugas menjaga pertahanan dan keamanan nasional. Babinsa bertanggung jawab atas pelaporan dan pengawasan kondisi demografi, kondisi sosial masyarakat yang berdampak pada pertahanan keamanan nasional.

Babinsa merupakan orang pertama dari barisan TNI yang langsung turun ke tempat kejadian atau ke dalam masyarakat wilayah. Sebagai contoh saat ada bencana banjir, gempa bumi, kecelakaan, bencana penyakit dan juga kejadian apapun ditengah kehidupan masyarakat.Babinsa selalu berada ditengah masyarakat baik sebagai pembina desa maupun sebagai pelopor dalam mengatasi kesulitan warga masyarakat.

Baca juga : Ini Pengalaman Merayakan Idulfitri di Beberapa Negara

Keberadaan Babinsa memang sangat penting, baik untuk mendukung tugas pokok TNI dalam rangka OMP (Operasi Militer untuk Perang) juga melaksanakan OMSP (Operasi Militer Selain Perang). Dalam melaksanakan tugasnya, Babinsa selalu berkoordinasi dan bersinergi dengan aparat terkait di Desa atau Kelurahan, juga tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda serta elemen bangsa lain dalam rangka mengoptimalkan pencapaian tugas yang diembannya.

Secara umum, seorang Babinsa memang menjadi tempat mengadu masyarakat terkait hal-hal yang berdampak pada keamanan nasional di desa tersebut, namun masyarakat juga dibenarkan mengadukan hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan/kesulitan yang sedang dihadapinya, seperti soal irigasi pertanian, pupuk, Narkoba, teroris dan lain-lain.

Oleh sebab itu, seorang Babinsa dituntut untuk dapat memetakan kondisi wilayahnya, setiap saat pemetaan diaktualkan sehingga jika terjadi sesuatu di wilayahnya ia sudah tahu persis.

Sungguh tugas mulia yang tidak ringan tanggung jawabnya, kita berharap semoga Babinsa semakin profesional dalam menjalankan tugas dibantu juga peran masyarakat sekitar agar Negeri ini menjadi damai, sejahtera dan makmur. (Lka)

Artikel Terkait
Masuk Secara Ilegal, 4 Warga Timor Leste Diamankan di PLBN Motamasin
Pemred indonews.id Hadiri Halal Bi Halal di Kediaman Laksamana Purn Ade Supandi
Ini Pengalaman Merayakan Idulfitri di Beberapa Negara
Artikel Terkini
TOZO Memperkenalkan Deretan Produk Inovatif Terbaru: TOZO Open Buds Sebagai Flagship
Perayaan Hari Ulang Tahun ke 15 Kabupaten Maybrat
SMP Islam Al Azhar BSD Raih juara 1 Tari Tradisional di Spanyol
Tanggapi Tuduhan Ade Pencuri, Lawyer Gaul: gak Cocok sama Faktanya
Terus Bermanuver Menuju Pilkada NTT, Cagub Ardy Mbalembout dan Irjen Jonny Asadoma Gelar Pertemuan Tertutup di Jakarta
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas