INDONEWS.ID

  • Rabu, 05/12/2018 23:10 WIB
  • Ini Gambaran Umum Kerawanan dan Pemantauan Pelaksanaan Pemilu 2019

  • Oleh :
    • hendro
Ini Gambaran Umum Kerawanan dan Pemantauan Pelaksanaan Pemilu 2019
Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Soedarmo

Jakarta, INDONEWS.ID  – Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Soedarmo mengatakan, bahwa kondisidari potensi kerawanan dan hasil pemantauan pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2019, ada 5 variabel,  kategori dimensi dan subdimensinya. 

“ Pertama, Variabel Kamtibmas, yaitu indikatornya: konflik pendukung, isu SARA, Hoax dan konflik batas wilayah. Kedua, Variabel DPT dengan indikatornya: pemilih ganda dan perekaman KTP. Ketiga, Variable Netralitas ASN indikatornya: mobilisasi ASN, penggunaan fasilitas Negara. Keempat, Variabel Penyelenggara Pemilu indikatornya: netralitas penyelenggara pemilu dan penyelenggara pemilu yang terkena sanksi. Dan kelima, Variabel Bantuan dan dukungan indikatornya: distirbusi logistik, penertiban alat peraga kampanye dan pengamanan TPS,” kata Soedarmo pada acara Rakornas Satpol Tahun 2018 di The Media Hotel and Towers Jakarta, rabu (5/12/2018).

Baca juga : Sidang ke 4 Perkara PHPU Digelar Pukul 13.00 WIB

Selain itu, kata Soedarmo, tantangan demokrasi melalui politik identitas, ujaran kebencian, dan kampanye hitam akan ada pada Pemilu 2019.

“ Politik identitas berpusat pada politisasi identitas bersama atau perasaan “kekitaan” yang menjadi basis utama perekat kolektivitas kelompok. Sedangkan Radikalisme dalam bentuk ujaran kebencian bercampur dengan propaganda politik dan kampanye hitam akan digunakan sebagai alat meraih kekuasaan,” tungkasnya.

Baca juga : Survei SMRC: 68 Persen Responden Percaya Pemilu 2019 Berlangsung Jurdil

Dalam mengantisipasi potensi kerawanan Pemilu 2019, Soedarmo jelaskan, pentingnya penguatan kerjasama antar stakeholder dalam Pemilu 2019 dengan melakukan monitoring kelancaran penyelenggaraan Pemilu melalui pembentukan tim monitoring di daerah berdasar Permendagri Nomor 61 Tahun 2011 Tentang Pemantauan, Pelaporan dan Evaluasi Situasi Sosial Politik di Daerah.

Selain itu, Ia juga sampaikan dengan mengoptimalkan peran strategis forum-forum daerah dalam rangka mengantisipasi munculnya gangguan keamanan, ketertiban umum, dan ketenteraman masyarakat, pra dan pasca Pemilu 2019 dengan cara peringatan dini, deteksi dini, dan cegah dini.

Baca juga : PERTIWI Apresiasi KPPS dan Peran Serta Warga dalam Pemilu 2019

“ Peran strategis dari forum – forum di daerah dengan mengoptimalkan koordinasi dari Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)," pungkasnya.(hdr)

Artikel Terkait
Sidang ke 4 Perkara PHPU Digelar Pukul 13.00 WIB
Survei SMRC: 68 Persen Responden Percaya Pemilu 2019 Berlangsung Jurdil
PERTIWI Apresiasi KPPS dan Peran Serta Warga dalam Pemilu 2019
Artikel Terkini
Pj Gubernur Agus Fatoni Harapkan Pelaksanaan PSN di Sumsel Berjalan Dengan Lancar
Pj Gubernur Agus Fatoni Buka Syariah Festival Sriwijaya 2024 BI Perwakilan Sumsel
Awarding Innovillage: Wujud Nyata Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Industri dalam Membangkitkan Talenta Digital Masa Depan
Siapkan Penyusunan Peraturan Pembangunan Ekonomi Jangka Panjang, Delegasi Baleg DPR RI Berdiskusi dengan Pemerintah Kenya
Bakti Sosial dan Buka Puasa Bersama Alumni AAU 93 di HUT TNI AU ke-78
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas