INDONEWS.ID

  • Sabtu, 02/11/2019 12:05 WIB
  • Kolaborasi BNPB dan Alumni Uncen Lestarikan Lingkungan di Papua

  • Oleh :
    • Marsi Edon
Kolaborasi BNPB dan Alumni Uncen Lestarikan Lingkungan di Papua
Kerja sama BNPB dan alumni Uncen, Jayapura, dalam usaha penanaman pohon di wilayah tersebut, dalam rangka merayakan ulang tahun Univeristas Cenderawasih.(Foto:Dokumentasi BNPB)

Jakarta, INDONEWS.ID - Alumni akademika Universitas Cenderawasih (Uncen) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sukses menggelar kegiatan lomba pembibitan dan penanaman pohon yang dilakukan dalam rangka menyongsong perayaan Dies Natalis Uncen yang ke-57 di lingkungan Rektorat Uncen, Waena, Jayapura, Jumat (1/11). Kegiatan tersebut sekaligus menjadi ajang reuni akbar bagi para lulusan Uncen dari berbagai lintas generasi. Sabtu,(2/11/2019)

Ketua Panitia Pelaksana, Paskalis Boma mengatakan bahwa rangkaian kegiatan yang mengusung tema "Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita" tersebut juga menjadi ajang untuk merangsang para civitas akademika agar turut serta menjaga dan melestarikan alam dan sekitarnya melalui gerakan penghijauan kembali lahan-lahan yang tandus dan gersang.

Baca juga : Kasus Covid-19 Masih Tinggi di Sumatera Utara, BNPB Beri Dukungan Penuh

"Kami berterima kasih kepada Letjen Doni Monardo yang sudah memberi perhatian khusus kepada Papua," kata Boma.

Sebanyak 1200 orang yang terdiri dari kalangan alumni, mahasiswa aktif, dosen hingga karyawan turut serta menanam 1000 pohon dari berbagai jenis tanaman endemik seperti matoa, pinang, anggrek dan sebagainya.

Baca juga : BNPB: Banjir Bandang di Kecamatan Cicurug Hanyut 12 Rumah Warga

Suksesnya rangkaian acara tersebut menurut Boma juga tak lepas daripada dukungan Kepala BNPB Doni Monardo kepada para alumni dan mahasiswa melalui langkah-langkah nyata yang selama ini telah dibuktikan dengan membangun kemitraan bersama warga papua yang punya kekuatan, kemampuan dan kualitas SDM yang baik.

Selain itu, nama Doni Monardo pun memang selama ini telah melekat kuat di ingatan para warga Sentani.Tidak hanya kehadirannya di tengah bencana alam saja, seperti ketika banjir bandang melanda Sentani, tetapi jauh sebelumnya orang nomor satu di BNPB itu juga mendukung upaya universitas yang berdiri sejak tahun 1962 itu menjadi sekolah tinggi terbesar di tanah Papua.

Baca juga : Bendungan Katulampa Siaga 1, BNPB Minta Masyarakat Siaga Hadapi Bencana

Setelah sukses dengan upaya pembibitan dan penanamam pohon yang dikemas rapi bersama kegiatan akademika, panitia juga akan membentuk ikatan alumni Uncen secara resmi dan menggelar kongres pada tanggal 6-9 November 2019.*

 

 

Artikel Terkait
Kasus Covid-19 Masih Tinggi di Sumatera Utara, BNPB Beri Dukungan Penuh
BNPB: Banjir Bandang di Kecamatan Cicurug Hanyut 12 Rumah Warga
Bendungan Katulampa Siaga 1, BNPB Minta Masyarakat Siaga Hadapi Bencana
Artikel Terkini
Masih Sulit Menentukan Critical Time Penanganan Covid-19
Keputusan Pembelajaran Online demi mengatasi merebaknya Virus Corona
Sudah Ditangkap, Polisi Dalami Latar Belakang Tersangka Pelaku Pelecehan Rapid Test di Bandara
Ibu Rumah Tangga dan Organisasi Perempuan Ujung Tombak Tekan Penularan Klaster Keluarga
Mendikbud : Siswa Belum Terima Kuota Internet, Lapor Ke Kepala Sekolah
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
faramir