INDONEWS.ID

  • Sabtu, 02/11/2019 12:05 WIB
  • Kolaborasi BNPB dan Alumni Uncen Lestarikan Lingkungan di Papua

  • Oleh :
    • Mancik
Kolaborasi BNPB dan Alumni Uncen Lestarikan Lingkungan di Papua
Kerja sama BNPB dan alumni Uncen, Jayapura, dalam usaha penanaman pohon di wilayah tersebut, dalam rangka merayakan ulang tahun Univeristas Cenderawasih.(Foto:Dokumentasi BNPB)

Jakarta, INDONEWS.ID - Alumni akademika Universitas Cenderawasih (Uncen) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sukses menggelar kegiatan lomba pembibitan dan penanaman pohon yang dilakukan dalam rangka menyongsong perayaan Dies Natalis Uncen yang ke-57 di lingkungan Rektorat Uncen, Waena, Jayapura, Jumat (1/11). Kegiatan tersebut sekaligus menjadi ajang reuni akbar bagi para lulusan Uncen dari berbagai lintas generasi. Sabtu,(2/11/2019)

Ketua Panitia Pelaksana, Paskalis Boma mengatakan bahwa rangkaian kegiatan yang mengusung tema "Kita Jaga Alam, Alam Jaga Kita" tersebut juga menjadi ajang untuk merangsang para civitas akademika agar turut serta menjaga dan melestarikan alam dan sekitarnya melalui gerakan penghijauan kembali lahan-lahan yang tandus dan gersang.

Baca juga : Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut

"Kami berterima kasih kepada Letjen Doni Monardo yang sudah memberi perhatian khusus kepada Papua," kata Boma.

Sebanyak 1200 orang yang terdiri dari kalangan alumni, mahasiswa aktif, dosen hingga karyawan turut serta menanam 1000 pohon dari berbagai jenis tanaman endemik seperti matoa, pinang, anggrek dan sebagainya.

Baca juga : Ke Perbatasan Papua, BNPP Pastikan Pembangunan Infrastruktur Berjalan

Suksesnya rangkaian acara tersebut menurut Boma juga tak lepas daripada dukungan Kepala BNPB Doni Monardo kepada para alumni dan mahasiswa melalui langkah-langkah nyata yang selama ini telah dibuktikan dengan membangun kemitraan bersama warga papua yang punya kekuatan, kemampuan dan kualitas SDM yang baik.

Selain itu, nama Doni Monardo pun memang selama ini telah melekat kuat di ingatan para warga Sentani.Tidak hanya kehadirannya di tengah bencana alam saja, seperti ketika banjir bandang melanda Sentani, tetapi jauh sebelumnya orang nomor satu di BNPB itu juga mendukung upaya universitas yang berdiri sejak tahun 1962 itu menjadi sekolah tinggi terbesar di tanah Papua.

Baca juga : Tiga Warga Meninggal Imbas Longsor dan Lahar Dingin Gunung Semeru

Setelah sukses dengan upaya pembibitan dan penanamam pohon yang dikemas rapi bersama kegiatan akademika, panitia juga akan membentuk ikatan alumni Uncen secara resmi dan menggelar kongres pada tanggal 6-9 November 2019.*

 

 

Artikel Terkait
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Ke Perbatasan Papua, BNPP Pastikan Pembangunan Infrastruktur Berjalan
Tiga Warga Meninggal Imbas Longsor dan Lahar Dingin Gunung Semeru
Artikel Terkini
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas