INDONEWS.ID

  • Rabu, 13/04/2022 16:02 WIB
  • Kemendagri Terima Penghargaan Kementerian Berkinerja Sangat Baik Kelola Anggaran Kategori Pagu Sedang

  • Oleh :
    • Mancik
Kemendagri Terima Penghargaan Kementerian Berkinerja Sangat Baik Kelola Anggaran Kategori Pagu Sedang
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerima penghargaan sebagai kementerian berkinerja sangat baik dalam pengelolaan anggaran Tahun Anggaran (TA) 2021 kategori Pagu Sedang dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).(Foto:Puspen Kemendagri)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menerima penghargaan sebagai kementerian berkinerja sangat baik dalam pengelolaan anggaran Tahun Anggaran (TA) 2021 kategori Pagu Sedang dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Capaian ini diraih Kemendagri selama dua tahun berturut-turut sejak 2020.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pelaksanaan Angggaran Tahun 2022, bertajuk "Spending Better: Mewujudkan Ketahanan Fiskal" yang berlangsung di Ballroom Dhanapala Kantor Kemenkeu, Rabu (13/4/2022).

Baca juga : Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman

Dalam kategori Pagu Sedang, Kemendagri berhasil meraih peringkat pertama atas kinerja anggaran tahun 2021 pada kelompok kementerian negara/lembaga dengan nilai 96,52 dan predikat sangat baik.
Prestasi peringkat pertama tersebut diraih Kemendagri selama 2 tahun berturut-turut, yakni pada 2020 dan 2021. Sebelumnya, pada 2018 dan 2019 Kemendagri mendapatkan peringkat ketiga atas kinerja anggaran tersebut.

Adapun nilai kinerja anggaran merupakan gabungan dari nilai evaluasi kinerja anggaran melalui aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Kinerja Terpadu (SmArt) dengan bobot 60 persen, serta nilai indikator kinerja pelaksanaan anggaran dari aplikasi Online Monitoring Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (OM-SPAN) dengan bobot 40 persen.

Baca juga : Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur

Sementara itu, kementerian/lembaga yang diberikan penghargaan tersebut, merupakan mereka yang memperoleh nilai kinerja anggaran dalam kategori sangat baik, lebih dari 90,00.

Pada kesempatan tersebut, Menkeu Sri Mulyani memberikan selamat kepada kementerian/lembaga yang berhasil mendapatkan penghargaan.

Baca juga : Kepala BSKDN Minta Pemprov Maluku Utara Terapkan Strategi Baru Tingkatkan Inovasi

Dirinya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada kementerian/lembaga yang terus berkomitmen mengelola, menjaga, dan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk mencapai tujuan pembangunan secara maksimal.

"Terima kasih, jangan pernah lelah mencintai Indonesia dengan mengelola APBN secara baik dan bertanggung jawab," tandas Sri Mulyani.*

Artikel Terkait
Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Kepala BSKDN Minta Pemprov Maluku Utara Terapkan Strategi Baru Tingkatkan Inovasi
Artikel Terkini
Tak Terdaftar di OJK, Perusahaan Investasi asal Hongkong Himpun Dana Masyarakat
Dewan Pakar BPIP Dr. Djumala: Pancasila Kukuhkan Islam Moderat, Toleran dan Hargai Keberagaman Sebagai Aset Diplomasi
Perkuat Binwas Pemerintahan Daerah, Mendagri Harap Penjabat Kepala Daerah dari Kemendagri Perbanyak Pengalaman
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur, Ada Alumni SMAN 3 Teladan Jakarta
Mendagri Resmi Lantik 5 Penjabat Gubernur
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas