INDONEWS.ID

  • Senin, 06/06/2022 18:15 WIB
  • Berita Duka! Mayjen TNI Purn Gafur Chaliq, Penggagas Pasukan Denjaka Tutup Usia

  • Oleh :
    • Rikard Djegadut
Berita Duka! Mayjen TNI Purn Gafur Chaliq, Penggagas Pasukan Denjaka Tutup Usia
Mantan Komandan terbaik di Korps Marinir, Mayjen TNI Mar (Purn) Gafur Chaliq (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kabar duka datang dari Korps Marinir TNI-AL. Pasalnya, Mayjen TNI Mar (Purn) Gafur Chaliq -- salah satu mantan Komandan terbaik di Korps Marinir meninggal dunia.

Gafur Chaliq adalah penggagas sekaligus Komandan pertama pasukan khusus Detasemen Jala Mengkara (Denjaka) Korps Marinir.

Kabar meninggalnya Mayjen TNI Mar (Purn) Gafur Chaliq disiarkan oleh Kadispenal Laksma TNI, Julius Widjojono.

Almarhum Gafur Chaliq meninggal dunia di Unit Gawat Darurat (UGD) RS UKI, Cawang, Jakarta Timur. Almarhum meninggal karena sakit.

"Melaporkan berita duka, telah meninggal dunia Mayjen TNI Mar (Purn) Gafur Chaliq karena sakit di UGD RS UKI Jakarta Timur pada hari Senin tanggal 6 Juni 2022 pukul 09.23 WIB," mengutip informasi dari Kadispenal Laksma TNI, Julius Widjojono, Senin (6/6/2022) seperti dikutip MNC Portal Indonesia.

Almarhum rencananya akan dibawa ke rumah duka di Kompleks TNI AL, Usman Harun F8, Cawang Jakarta Timur. Keluarga besar TNI AL turut mengucapkan belasungkawa dan duka cita atas kepergian salah satu komandan terbaik Korps Marinir.

"Semoga Alm Mayjen TNI Mar (Purn) Gafur Chaliq Husnul Khotimah, diampuni segala dosa-dosanya dan mendapatkan tempat yang Mulia di Sisi Allah SWT serta keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran, kekuatan dan keikhlasan. Aamiin," tutupnya.

Sekadar informasi, Mayjen TNI Mar (Purn) Gafur Chaliq pernah menjabat sebagai Komandan Korps Marinir pada 1992 - 1994. Pria kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat tersebut merupakan lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan XI tahun 1965.

Karir Gafur Chaliq di dunia militer sangat cemerlang. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Komandan satuan elit Batalyon Intai Amfibi (Taifib) Korps Marinir pada 1982-1983.

Kemudian, Gafur Chaliq juga merupakan penggagas Pasukan Khusus TNI AL (Pasusla) yang kini disebut Denjaka Marinir. Gafur Chaliq juga pernah dipercaya untuk memimpin Yonif 4 dan Brigif 1 Marinir.

Gafur Chaliq dikenal sebagai sosok Komandan Marinir yang baik. Tak hanya itu, ia juga dikenal sebagai sosok pemimpin yang tegas dan dermawan semasa hidupnya.*

Artikel Terkait
Artikel Terkini
Prof Dr H Yulius SH MH Ketua Kamar TUN Mahkamah Agung Diwawancara Ekslusif Majalah MATRA
Dorong Ekonomi Nasional Lebih Transformatif, Menko Airlangga Jalin Kerja Sama Global
PLBN Motamasin Terima Kunjungan Konsulat Timor Leste, Bahas Isu Keimigrasian Antarnegara
Menteri Harus Mampu Membaca Tanda-tanda Zaman untuk Menggerakan Semangat Indonesia
MRP Desak Presiden Jokowi Pastikan Cakada 2024 Se-Tanah Papua Diisi Orang Asli Papua (OAP)
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas