INDONEWS.ID

  • Senin, 19/06/2023 18:01 WIB
  • Dorong Ketertiban Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024, Ditjen Bina Adwil Tegaskan Peran Penting Satpol PP dan Satlinmas

  • Oleh :
    • Mancik
Dorong Ketertiban Penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024, Ditjen Bina Adwil Tegaskan Peran Penting Satpol PP dan Satlinmas
Sekretaris Ditjen Bina Adwil Indra Gunawan

INDONEWS.ID - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menegaskan peran penting Satpol PP dan Satlinmas dalam mendukung ketertiban penyelenggaraan Pemilu 2024.

Karena itu, peningkatan kapasitas aparatur Satpol PP dan Satlinmas perlu dipersiapkan.

Baca juga : Ramadan Milik Semua: Melewati Pemilu 2024 Menuju Indonesia Harmoni

Hal itu disampaikan Sekretaris Ditjen Bina Adwil Indra Gunawan saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas SDM Polisi Pamong Praja Daerah yang berlangsung dari tanggal 14 hingga 16 Juni 2023 di Sintesa Peninsula Hotel, Palembang, Sumatera Selatan.

“Perlu adanya dukungan Satpol PP dalam pengawasan pada pelaksanaan Pemilu 2024, seperti dengan kemungkinan terjadinya pelanggaran oleh penyelenggara, peserta Pemilu, maupun pemilih pada masa kampanye,” ungkap Indra.

Baca juga : Mendagri Beberkan Dukungan Pemerintah dalam Menyukseskan Pemilu 2024

Dia menekankan, Satpol PP berperan strategis dalam menciptakan kondisi daerah yang tenteram, tertib, dan teratur dalam mendukung penyelenggaraan roda pemerintahan termasuk saat Pemilu 2024.

“Peningkatan kapasitas SDM Pol PP akan sangat diperlukan agar dapat mewujudkan program-program secara optimal sesuai visi dan misi pemerintahan daerah,” imbuh Indra.

Baca juga : Massa Gempar Demo Tolak Hak Angket DPR di Gedung DPR/MPR RI, Ini Pesan yang Disampaikan

Di samping itu, Indra mengimbau anggota Satpol PP agar dapat memiliki kemampuan menganalisis kebijakan (policy brief), termasuk potensi risiko terhadap implementasinya.

"Diharapkan forum ini dapat membangun dan memperkuat sinergitas antar-Kementerian Dalam Negeri sebagai pembina umum dan pemerintah daerah sebagai pembina teknis operasional Satpol PP dalam upaya mewujudkan Pol PP yang profesional,” tandas Indra.

Sebagai informasi, Bimtek tersebut melibatkan 42 peserta dari jajaran pejabat Pol PP yang membidangi Trantibumlinmas di provinsi maupun kabupaten/kota seluruh Indonesia yang dipilih secara selektif.

Sejumlah narasumber turut dihadirkan dalam Bimtek tersebut di antaranya dari Bappenas, Lembaga Administrasi Negara, Kepala Satpol PP Provinsi Sumatera Selatan, dan Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sumatera Selatan.*

Artikel Terkait
Ramadan Milik Semua: Melewati Pemilu 2024 Menuju Indonesia Harmoni
Mendagri Beberkan Dukungan Pemerintah dalam Menyukseskan Pemilu 2024
Massa Gempar Demo Tolak Hak Angket DPR di Gedung DPR/MPR RI, Ini Pesan yang Disampaikan
Artikel Terkini
Efferty Susu Kambing Malaysia, Solusi bagi Pasutri yang ingin Keturunan
Didik J Rachbini: Gagasan Menyatukan Anies dan Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Baik dan Berani
Menkes Ungkap Penyebab Rendahnya Penurunan Angka Prevalensi Stunting
Bakar SDN Inpres Pogapa Intan Jaya, TPNPB-OPM: Merdeka Dulu Baru Sekolah
Senyum Bahagia Rakyat, Pj Bupati Purwakarta Buka TMMD Ke-120 Kodim 0619/Purwakarta
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas