INDONEWS.ID

  • Jum'at, 18/08/2023 12:12 WIB
  • Kenakan Pakaian Kebesaran Adat Melayu, Mendagri Pimpin Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Natuna

  • Oleh :
    • Mancik
Kenakan Pakaian Kebesaran Adat Melayu, Mendagri Pimpin Upacara HUT Ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Natuna
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.(Foto:Dok.Kemendagri)

INDONEWS.ID - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Pantai Piwang, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (17/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Mendagri mengenakan pakaian kebesaran adat Melayu dengan nuansa warna hitam dan kuning keemasan. Pakaian adat serupa juga turut dikenakan oleh Istri Mendagri, Tri Tito Karnavian, yang hadir mendampingi.

Baca juga : Mendagri Tekankan Perlunya Saling Percaya dalam Kerja Sama KPPU dan Kemendagri

Upacara tersebut diikuti oleh perwakilan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Satpol PP, TNI, Polri, Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perhubungan, organisasi masyarakat, mahasiswa, dan pelajar Kabupaten Natuna. Selain itu, upacara turut disaksikan oleh masyarakat setempat yang memadati sekitar lokasi upacara.

"Hari ini saya selaku Mendagri sekaligus Kepala BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) hadir di sini untuk menjadi Inspektur Upacara, saya sudah meminta izin kepada Bapak Presiden untuk melaksanakan upacara di Natuna ini," ujar Mendagri kepada awak media massa setelah upacara berlangsung.

Baca juga : Sinergi dan Kolaborasi dalam Menjalankan Tugas, Menteri ATR/BPN Kunjungi Mendagri Tito Karnavian

Mendagri mengatakan, Natuna merupakan daerah terluar yang sangat strategis bagi bangsa Indonesia. Karena itu, Presiden memberikan izin kepada dirinya untuk hadir menjadi Inspektur Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kabupaten Natuna.

Dirinya berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat semakin memperkuat rasa nasionalisme di Kabupaten Natuna termasuk di Provinsi Kepri. Upacara ini juga sekaligus menjadi simbol kedaulatan, khususnya di daerah perbatasan.

Baca juga : Lantik Pj. Gubernur Aceh, Mendagri Sampaikan Beberapa Pesan Penting

"Karena ini hari yang sangat bersejarah kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78," ujarnya.

Mendagri sangat mengapresiasi pelaksanaan upacara tersebut karena berlangsung tertib. Apresiasi lebih juga diberikannya kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) lantaran peran krusial mereka pada detik-detik pengibaran bendera yang menjadi bagian paling kritis dan ditunggu-tunggu oleh banyak pihak.

"Tapi kita melihat hampir sempurna, jadi tidak kalah dengan ada yang di Istana (Negara)," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Mendagri juga menyerahkan secara simbolis 1.000 bendera merah putih kepada Bupati Natuna Wan Siswandi. Penyerahan itu merupakan bagian dari Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih yang diinisiasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan, kehadiran Mendagri sebagai Inspektur Upacara menjadi penyemangat bagi masyarakat Natuna untuk terus membangun daerahnya lebih baik. Dirinya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TNI, Polri, seluruh masyarakat, dan pihak terkait lainnya yang telah menyukseskan kegiatan tersebut.

"Mudah-mudahan sekali lagi kehadiran Pak Menteri memacu semangat kita untuk terus menjadikan Natuna ke depan lebih maju dan lebih berkembang," tandasnya.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepri, Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, Ketua Pengadilan Tinggi Kepri, Kepala Badan Intelijen Daerah (Binda) Kepri, Wakil Kepala Kepolisian Daerah Kepri, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepri, Kepala OPD Kabupaten Natuna, serta berbagai pihak terkait lainnya.*

Artikel Terkait
Mendagri Tekankan Perlunya Saling Percaya dalam Kerja Sama KPPU dan Kemendagri
Sinergi dan Kolaborasi dalam Menjalankan Tugas, Menteri ATR/BPN Kunjungi Mendagri Tito Karnavian
Lantik Pj. Gubernur Aceh, Mendagri Sampaikan Beberapa Pesan Penting
Artikel Terkini
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas