INDONEWS.ID

  • Sabtu, 16/12/2023 18:58 WIB
  • Wakili Mendagri, Sekjen Kemendagri Kukuhkan DPP Forum Alumni Mahasiswa Minang

  • Oleh :
    • luska
Wakili Mendagri, Sekjen Kemendagri Kukuhkan DPP Forum Alumni Mahasiswa Minang

Jakarta, INDONEWS.ID - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengukuhkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum Alumni Mahasiwa Minang (FAMM) periode 2023-2027. Pengukuhan itu berlangsung di Gedung Nusantara IV Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/12/2023).

Dalam sambutannya, Suhajar berharap organisasi tersebut akan berkontribusi positif untuk kemajuan bangsa dan negara. Menurut Suhajar, masyarakat Minang memiliki keberanian yang tinggi, terutama dalam hal semangat merantau. Banyak pula yang beranggapan merantau merupakan upaya membuktikan diri kepada tempat asal dan dunia.

Baca juga : Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional

"Karena itu, untuk dapat diakui oleh kampungnya sendiri, harus diakui oleh dunia duluan, luar biasa. Ini adalah potensi yang luar biasa, satu budaya yang mendorong seluruh orang menjadi orang hebat, kalau belum diakui dunia tidak diakui orang kampung sendiri, seperti itu," ujarnya.

Berdasarkan data statistik, suku Minangkabau menempati posisi ketujuh suku dengan jumlah terbanyak di Indonesia. Berbeda dengan suku lainnya, masyarakat Minangkabau cenderung bisa mengisi beberapa tempat strategis. Ini ditengarai akibat semangat yang tinggi, yang dimiliki masyarakat Minangkabau.

Baca juga : Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua

Lebih lanjut, Suhajar menjelaskan, berdasarkan sejarah panjang berdirinya Republik Indonesia, masyarakat Minangkabau telah memberikan sumbangan besar. Beberapa tokoh pendiri bangsa, sebagian besar di antaranya berasal dari tanah Minangkabau. Hal ini salah satunya adalah beberapa anggota Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Di samping itu, kiprah lainnya adalah saat dilangsungkannya Kongres Sumpah Pemuda pada 1928. Saat itu, salah satu peserta yang berasal dari Minangkabau, Muhammad Yamin menekankan faktor-faktor yang dapat memperkuat persatuan. Faktor tersebut yakni sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

Baca juga : Sekjen Kemendagri Jelaskan Pemberian Penghargaan Prestasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berdasarkan LPPD

"Ini sebagai gambaran kepada kita, peran besar tokoh-tokoh Sumbar untuk Republik Indonesia," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Suhajar mendorong masyarakat Minangkabau untuk terus meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di daerah tersebut. Banyaknya masyarakat yang merantau juga dipacu agar dapat mengoptimalkan semangat berwirausaha.

 

Artikel Terkait
Kemendagri Dukung Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional Melalui Optimalisasi Kebijakan Fiskal Nasional
Kemendagri Dorong Percepatan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintahan di 4 DOB Papua
Sekjen Kemendagri Jelaskan Pemberian Penghargaan Prestasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Berdasarkan LPPD
Artikel Terkini
KI Pusat Mantapkan Sinergi dengan Media dalam Mengawal Informasi Publik
Direktur GKI Beri Materi Kewirausahaan untuk Pelajar SMKS Bina Mandiri Labuan Bajo
Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Tiga Orang Ditemukan Meninggal Akibat Tertimbun Longsor di Kabupaten Garut
Pimpin Proses Penyiapan dan Percepatan Keanggotaan Indonesia pada OECD, Presiden Joko Widodo Tunjuk Menko Perekonomian sebagai Ketua Tim Nasional OECD
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas