INDONEWS.ID

  • Minggu, 17/03/2024 04:35 WIB
  • Batik Mempererat Hubungan Diplomasi Indonesia dan Jamaika

  • Oleh :
    • luska
Batik Mempererat Hubungan Diplomasi Indonesia dan Jamaika

Jamaika, INDONEWS.ID - Batik menjadi aset diplomasi untuk mempererat hubungan diplomatik Indonesia dan Jamaika yang telah terjalin sejak 17 Desember 1981, ujar Dubes RI Nana Yuliana. 

Dubes Nana memberikan hadiah kain batik kepada Menteri Luar Negeri dan Investasi Kamina Johnson Smith pada pertemuan bilateral di Kingston pada 14 Maret 2024 disela-sela acara Jamaican Diplomatic Days yang dilaksanakan oleh Kemlu Jamaika.

Baca juga : Tingkatkan Kompetensi, PNM Berikan Pelatihan Batik Ecoprint Kepada Nasabah

Jamaika yang terletak di kawasan Karibia merupakan negara yang berada di wilayah akreditasi KBRI di Havana Kuba, disamping Republik Doiminikana, Bahamas dan Haiti.

Politik luar Negeri Jamaika sangat aktif di wilayah Karibia dimana Jamaika merupakan tempat kedudukan International Seabed Authority (ISBA) yang berdiri pada tangal 10 Desember 1982, menjadi tuan rumah Konvensi Hukum Laut PBB (UNCLOS 1982) yang ditandatangani di Montego Bay, dan pada 11 Maret 2024, Jamaika menjadi tuan rumah pertemuan organisasi Masyarakat Karibia (CARICOM) untuk membahas transisi pemerintahan Haiti, yang dihadiri selain pemimpin CARICOM juga Menlu AS Anthony Blinken, pejabat Brazil, Kanada, Prancis, Mexico dan PBB untuk membantu pemecahan krisis keamanan Haiti.

Baca juga : Studi Banding ke Paguyupan Batik Cirebon, LSPR Institut Dorong Akselerasi UMKM Batik Bekasi

Dubes Nana Yuliana menyampaikan bahwa pada 24-30 Mei 2024, KBRI Havana akan melakukan pelatihan pembuatan batik bagi 125 kaum perempuan di Jamaika, bekerja sama dengan Menteri Kebudayaan, Jender, Hiburan dan Olahraga. Pelatihan batik ini diharapkan dapat bermanfaat bagi kaum perempuan Jamaika untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Pada 2023 Jamaika telah mendukung pencalonan Indonesia di organisasi internasional seperti, UNIDO, Dewan HAM PBB, IMO, produk herbal Jamu sebagai salah satu daftar warisan budaya UNESCO, dan pengusulan Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi ke-10 di UNESCO. Tahun ini Indonesia mengharapkan dukungan Jamaika atas pencalonan Indonesia pada organisasi internasional diantaranya pada IMO, UN Board of Auditor, UN Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan dan Advisory Committee on Administrative and Budgetary Questions (ACABQ).

Baca juga : Wastraprema Memberikan Edukasi Wastra Tenun dan Batik

Hubungan perdagangan Indonesia dan Jamaika terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2023, perdagangan Indonesia berjumlah 37. 2 juta USD meningkat 3.64 % dari tahun 2022 sebesar 35,9 juta USD, ujar Dubes Nana.

Indonesia menawarkan program beasiswa kepada Menlu Jamaika yang dapat diikuti oleh mahasiswa dan warga Jamaika diantaranya beasiswa program Kemitraan Negara Berkembang (KNB), beasiswa Dharmasiswa Kemdikbud, beasiswa dari BRIN dan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Diversifikasi Produk Kelapa.

Jamaika berjanji akan mendukung pencalonan Indonesia pada pencalonan organisasi internasional di PBB.

Jamaika juga akan mengirim 2 (dua) orang peserta pada pelatihan Peningkatan Kapasitas Diversifikasi Produk Kelapa ke Indonesia. Menlu Jamaika berpandangan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan para petani Jamaika dalam mengolah kelapa dengan baik, serta dapat meningkatkan penghasilan keluarga.

 

Artikel Terkait
Tingkatkan Kompetensi, PNM Berikan Pelatihan Batik Ecoprint Kepada Nasabah
Studi Banding ke Paguyupan Batik Cirebon, LSPR Institut Dorong Akselerasi UMKM Batik Bekasi
Wastraprema Memberikan Edukasi Wastra Tenun dan Batik
Artikel Terkini
Perkuat Perencanaan Pembangunan, Kemendagri Ajak Pemda Wujudkan Visi Indonesia Emas 2045
Menko Airlangga Sampaikan Sukses Indonesia Jaga Pertumbuhan Ekonomi, Stabilitas Politik, dan Lanjutkan Upaya Transisi Energi
UU DKJ Disahkan, Fahira Idris Soroti Pentingnya Dana Abadi Kebudayaan
Kawal Musrenbang di Riau, Kemendagri Tekankan Pentingnya Pembangunan Berbasis Partisipatif
Pataka 83 Gelar Halal bi Halal, Silaturahmi sekaligus Temu Kangen
Tentang Kami | Kontak | Pedoman Siber | Redaksi | Iklan
legolas