CATL Luncurkan Shenxing PLUS, Wujudkan Jarak Tempuh 1.000 km dan Fitur "4C Superfast Charging"

BEIJING, 28 April 2024 /PRNewswire/ -- Di Auto China 2024, CATL (SZ.300750) meluncurkan Shenxing PLUS—baterai LFP pertama di dunia yang  memiliki jarak tempuh di atas 1.000 km dengan fitur 4C superfast charging. Delapan bulan setelah baterai superfast charging Shenxing dilansir pada Agustus 2023, CATL kembali membuat terobosan dalam teknologi baterai LFP, menghadirkan era baru superfast charging bagi seluruh industri.

Dr. Wu Kai, chief scientist of CATL
Dr. Wu Kai, chief scientist of CATL

 

Shenxing PLUS
Shenxing PLUS

 

Gao Huan, CTO of CATL’s China E-car Business
Gao Huan, CTO of CATL’s China E-car Business

 

CATL product launch
CATL product launch

Jarak Tempuh yang Sangat Jauh hingga 1.000 km Menjamin Perjalanan yang Bebas dari Rasa Khawatir 

Baterai Shenxing PLUS mewujudkan pengalaman berkendara dengan jarak yang sangat jauh, melampaui 1.000 km. Artinya, perjalanan dari Beijing menuju Nanjing tidak memerlukan pengecasan baterai selama berkendara. Maka, keunggulan ini tak hanya membuat mobil energi baru mampu memenuhi kebutuhan perjalanan di area perkotaan, namun juga perjalanan jarak jauh lintasprovinsi.

Jarak tempuh kendaraan listrik hingga 1.000 km terwujud berkat terobosan teknologi secara berkelanjutan. Katode baterai Shenxing PLUS dibuat dengan teknologi granular gradation sehingga setiap nanometer partikel berada pada posisi optimal demi mencapai densitas yang sangat padat. Material berbentuk sarang lebah 3D juga ditambahkan pada anode, meningkatkan densitas energi sekaligus mengendalikan ekspansi volume dalam siklus charge dan discharge. Lebih lagi, single-piece casing, pertama di industri, mengoptimalkan utilisasi ruang internal sehingga sel baterai Shenxing PLUS mencapai level densitas energi yang luar biasa.

Pada level sistem, rangkaian baterai Shenxing PLUS memiliki struktur topologi yang lebih optimal, selain teknologi module-free CTP 3.0. Hal tersebut meningkatkan efisiensi packing sebesar 7%. Berkat terobosan dari sisi material dan struktur, densitas energi sistem baterai Shenxing melampaui ambang batas 200 Wh/kg untuk pertama kalinya sehingga kini mencapai 205 Wh/kg, merealisasikan jarak tempuh di atas 1.000 km.

Pengecasan Baterai yang Lebih Cepat, Pengecasan 10 Menit untuk Jarak Tempuh 600 km

Selain jarak tempuh jauh, pengecasan Shenxing PLUS juga berlangsung cepat. Pengecasan selama 10 menit dapat menghasilkan jarak tempuh 600 km, jauh melampaui kinerja baterai biasa yang tersedia di pasar, serta mewujudkan kecepatan superfast charging yang sebenarnya hingga satu kilometer untuk setiap detik.

Demi membuat lompatan besar dari sisi kecepatan pengecasan baterai, Shenxing PLUS menerapkan sejumlah teknologi, termasuk fast lithium-ion conductive coating, penambahan elemen transition metal, enkapsulasi nanometer baru, semakin memperlancar dan mengefisienkan transmisi energi antara material katode dan anode. CATL telah meningkatkan area dan kapasitas overcurrent dari terminal pada sistem baterai. Hal ini membuang panas dengan cepat ketika baterai dicas dengan arus besar. Dari sisi algoritma inti BMS, model polarisasi AI yang baru dikembangkan CATL dapat memprediksi dan mengendalikan arus pengecasan secara real time. Hasilnya, pengisian energi berlangsung lebih cepat dan cerdas. 

Baterai Superfast Charging + Jaringan + Layanan Menciptakan Ekosistem Tertutup

Selain baterai baru yang luar biasa, CATL juga mulai mengembangkan Shenxing Superfast Charging Network guna membangun platform layanan superfast charging terbesar di Tiongkok. CATL berkolaborasi dengan mitra-mitra unggulan seperti Star Charge, YKC, dan Shudao New Energy guna mewujudkan pengalaman mobilitas yang paling nyaman dan hemat biaya untuk pemilik mobil yang dilengkapi baterai superfast charging Shenxing.

CATL juga merencanakan peluncuran klub pemilik kendaraan superfast charging Shenxing yang pertama di industri. Klub ini akan meliputi lebih dari 600 gerai servis di 271 kota-kota tingkat prefektur yang tersebar di 31 wilayah tingkat provinsi. CATL akan menyediakan layanan darurat bagi pemilik kendaraan Shenxing, inspeksi dan perawatan baterai, serta layanan lain.

Untuk terus menghadirkan terobosan sains dan kehidupan yang semakin baik, CATL menyambut era superfast charging pada segmen kendaraan energi baru dengan ekosistem supercharging tertutup dengan mengintegrasikan baterai superfast charging, jaringan, platform, dan layanan.