Budaya

Komunitas Purwakanthi Gelar Malam Jumat Legean di Balai Sarwono

Oleh : hendro - Kamis, 16/11/2017 23:28 WIB

Komunitas Purwakanthi menari tari Gambyong pada acara Malam Jumat Legean di Balai Sarwono

Jakarta, INDONEWS.ID- Berawal dari rasa ingin melestarikan seni budaya Indonesia khususnya seni tari budaya jawa, komunitas pencinta seni tari Jawa khususnya gaya Solo yang  ada di Jakarta yang bernama Purwakanthi menggelar malam Jumat Legen di Balai Sarwono, Kemang Jakarta Selatan.

Menurut pendiri Purwakanthi, Yoesi Aryani,  malam Jumat Legenan sendiri merupakan suatu rutinitas di Jawa Tengah tepatnya di Solo, yang mana setiap malam Jumat Legean digelar kebudayaan jawa berupa seni tari.

“Untuk kali ini, malam Jumat Legean akan diisi tidak hanya menari saja, namun ada coathcing clinic mengenai menari dan berbagai informasi mengenai budaya jawa,” ujar Yoesi kepada INDONEWS di di Balai Sarwono Kemang, Kamis (16/11/2017)malam.

Lebih lanjut Yoesi berharap, dengan diselenggarakannya malam Jumat Legean di Jakarta seperi saat ini, diharapkan dapat menjadi wadah berkumpul dan berkreasi para pecinta seni budaya se-nusantara.

Bahkan nantiya, Yoesi berharap, malam Jumat Legean  yang akan dipopulerkan di Balai Sarwono ini tidak hanya diisi dengan kegiatan menari saja. Namun semua aktivitas kebudayaan yang ada di nusantara bisa dipagelarkan di sini.

“Indonesia memiliki budaya yang beraneka ragam dari banyak suku di nusantara. Dengan membudayakan malam Jumat Legean ini diharapkan kebudayaan yang ada di Nusantara bisa dapat dipopulerkan kembali, sehingga generasi muda Indonesia dapat menikmati keanekaragaman budaya tanah air,” ujar Yoesi.(hdr)

Artikel Terkait