Daerah

Akibat Cuaca Ektrem, Ada 5 Titik Potensi Pohon Tumbang di Kota Bogor

Oleh : hendro - Sabtu, 02/12/2017 18:14 WIB

Ilustrasi pohon tumbang (istimewa)

Bogor, INDONEWS.ID – Terkait Cuaca ekstrem yang ada saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota Bogor menunjuk lima titik sebagai kawasan dengan potensi pohon tumbang tinggi. karena itu pengguna jalan diminta waspada akibat cuaca ektrem yang ada saat ini

Menurut Kepala Seksi Pemeliharaan Taman Bidang Pertamanan Disperumkim Kota Bogor, Erwin Gunawan, kelima titik yang dimaksud adalah Jalan Ahmad Yani, Jalan Pajajaran, Jalan Dadali, Jalan Sumeru dan Jalan Raya Tajur.

Di lima area itu, kata Erwin, terdapat banyak pohon tua dengan batang besar. "Patut diwaspadai saat lewat sana, baik pengendara motor, mobil ataupun pejalan kaki," ujarnya  Sabtu (2/12)

Erwin mengatakan kewaspadaan harus ditingkatkan akhir-akhir ini. Sebab, hujan yang mengguyur Kota Bogor belakangan kerap disertai dengan angin. Kondisi tersebut menyebabkan potensi pohon tumbang semakin tinggi.

Penelitian tentang kesehatan pohon pada tahun lalu, ujar Erwin, memperlihatkan bahwa lebih dari 100 pohon di Kota Bogor berpotensi tumbang. Potensi yang terbesar ada di kawasan Jalan Ahmad Yani, sekira 40 pohon, dan 26 pohon di Jalan Sumeru. 

Sebagai antisipasi, Erwin menambahkan, ada dua cara yang dilakukan, yaitu penebangan dan penopingan. Sementara penebangan dilakukan hingga tunggak pohon, penopingan hanya diaplikasikan pada batang dan ranting pohon yang menghalangi jalan. (hdr)

Artikel Terkait