Nasional

Pengamat: Pergantian Panglima Baru Didukung Semua Kalangan

Oleh : hendro - Selasa, 05/12/2017 08:59 WIB

Kasau Marsekal Hadi Tjahjanto

Jakarta, iNDONEWS.ID – Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemarin, Senin 4 Desember 2017 yang telah mengirimkan nama Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal menggantikan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sangat didukung banyak kalangan. Tidak terkecuali pengamat militer Susaningtyas Kertoparti.

Menurut Susaningtyas, pejabat TNI yang handal itu dibutuhkan lantaran Panglima yang baru akan mengemban amanat dari Presiden Jokowi, yang harus diimplementasikan ke semua tingkatan organisasi TNI. Kebijakan itu kemudian dirumuskan oleh pejabat TNI yang berwenang sesuai struktur komando di organisasi TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

"Kita semua mendukung Panglima TNI dalam menentukan siapa saja pejabat TNI yang andal tersebut," kata Susaningtyas dalam keterangan tertulisnya,  Selasa (5/12/2017).

Selain perubahan kebijakan yang bersifat internal, kata Susaningtyas, ada juga perubahan yang bersifat eksternal, seperti kebijakan TNI di ASEAN pada tataran regional dan juga pada tataran global. Kebijakan TNI yang bersifat eksternal juga terkait dengan hubungan kelembagaan dengan birokrasi pemerintah, MPR/DPR, dan seluruh elemen lainnya.

"Oleh karenanya sangat penting bahwa mutasi pejabat TNI yang baru harus ditujukan untuk mendukung Panglima TNI yang baru. Faktor lain yang tidak kalah pentingnya dalam mutasi pejabat TNI yang baru adalah loyalitas,”ujarnya.

Lebih lanjut Susaningtyas menambahkan, mutasi pejabat TNI tentu membawa rangkaian yang cukup panjang dalam mata rantai regenerasi Perwira Tinggi TNI hingga Perwira Menengah dan Perwira Pertama TNI.(hdr)

Artikel Terkait