Nasional

Pilkada Papua dan Jabar Paling Rawan Isu SARA

Oleh : hendro - Sabtu, 30/12/2017 22:29 WIB

Mendagri Tjahjo Kumolo (istimewa)

Yogyakarta, INDONEWS.ID-  Ada lima provinsi yang memiliki tingkat kerawanan penggunaan isu tentang suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) tertinggi dalam kampanye Pemilihan Kepala Daerah serentak 2018.

Menurut  Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, yang pertama adalah Papua dan yang kedua adalah Jawa Barat.

“Papua memiliki tingkat kerawanan tertinggi karena tidak semua masyarakat di derah itu paham dengan pemilu sehingga sosialisasi mengenai pemolu harus dilakukan secara lebih maksimal," kata Tjahjo seusai menghadiri resepsi pernikahan putri Menteri Sekretaris Negara di Jogja Expo Centar, Yogyakarta, Sabtu (30/12/2017).

Sedangkan Jawa Barat, kata Tjahjo,  dianggap memiliki tingkat kerawanan kedua tinggi karena satu-satunya daerah dengan jumlah pemilih terpadat di Indonesia sehingga diperebutkan oleh seluruh partai politik.

Selanjutnya Tjahjo menyebutkan, daerah lain yang memiliki tingkat kerawanan tinggi, adalah Jawa Tengah,  Jawa Timur, dan Sumatera Barat.

Meski demikian, pemerintah bersama kepolisian, TNI, dan Badan Intelijen Negara (BIN) telah melakukan pencermatan dan deteksi dini secara mendetail dengan mengacu peta kerawanan pada pilkada tahun-tahun sebelumnya.

Tjahjo berharap, kepolisian berperan aktif menindak tegas setiap penggunaan isu SARA dalam setiap kampanye politik. Demikian juga bagi masyarakat, selain menghindari penggunaan isu SARA, fitnah, dan ujaran kebencian dalam kampanye, mereka juga diharapkan proaktif melaporkan apabila mengetahui ada penggunaan isu-isu tersebut.(hdr)
 

Artikel Terkait