Budaya

Wanita Cinta NKRI Apresiasi Keberhasilan Jokowi Turunkan Kemiskinan

Oleh : very - Selasa, 20/03/2018 12:09 WIB

Presiden Jokowi tinjau pembangunan infrastruktur. (Foto: Setkab.go.id)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Para perempuan yang tergabung dalam Wanita Cinta NKRI (WIN) memuji rezim Kepemimpinan Presiden Joko Widodo. WIN menilai, pembangunan sarana fisik dan non fisik yang dilakukan pemerintah Jokowi telah berhasil dengan cepat dan tepat sasaran di seluruh wilayah NKRI.

Koordinator WIN, Petty Petty Pilesco mengatakan, pemerintahan Jokowi juga berhasil menekan angka kemiskinan nasional yaitu 10,12% pada tahun 2017.

“Tingkat kemiskinan nasional yang telah berhasil mencapai titik terendah selama hampir 2 dekade yakni 10,12 % pada 2017. Atau pengurangan 1,18 juta jiwa penduduk miskin dibandingkan rata-rata sebelumnya kurang dari 500 ribu orang per tahun,” katanya melalui siaran pers, Selasa (20/3/2018).

Di samping itu, rezim Jokowi mampu meningkatkan upah riil buruh tani sebesar 1,05 % sehingga membantu peningkatan kesejahteraan warga pedesaan. WIN optimistis, penggunaan dana desa juga akan menurunkan kemiskinan di wilayah pedesaan.

“Berbagai program penanggulangan kemiskinan melalui program-program pemerintah yang terintegrasi antara lain dengan reformasi subsidi pangan dan energi tepat sasaran,” ujarnya.

Sementara, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menyebutkan Rencana Kerja Pemerintah untuk target persentase kemiskinan pada 2018 ini berada di kisaran 9,5% – 10%. “Dengan mematok target single digit di tahun 2018 yaitu 9.5-10%, diharapkan angka tersebut akan terus menurun untuk tahun-tahun berikutnya,” kata Petty.

Menurut Petty, demi keberhasilan pembangunan NKRI yang berkelanjutan dan upaya membangkitan manusia Indonesia, diperlukan kerukunan dalam berbagai keberagaman suku, agama, budaya dan  bahasa. “Memang tidak mudah, namun dengan menggalang keharmonisan, dimulai dari solidaritas Wanita. Solidaritas wanita, sebagai tonggak serta pilar kekuatan negara yang secara bahu membahu menopang peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan NKRI.” katanya.

Oleh karena itu, WIN mengajak semua elemen Wanita Indonesia dari setiap lini untuk mewujudkan kesejahteraan manusia Indonesia seutuhnya. Caranya, dengan mendukung dan mengambil bagian dalam langkah-langkah positif yang telah diambil pemerintah saat ini. “Wanita Cinta NKRI (WIN) yakin niscaya dengan bahu membahu pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dapat terwujud,” ujarnya.

WIN merupakan kelompok organisasi yang terdiri dari wanita lintas usia, suku dan agama. Adapun program-program WIN adalah kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada wanita. Pada April ini, WIN akan menyelenggarakan beberapa program di antaranya pelatihan wirausaha untuk wanita, program peningkatan wawasan kebangsaan dan seminar untuk meningkatkan keharmonisan keluarga. (Very)

Artikel Terkait