Nasional

Bersama Matahir Muhammad, Presiden Jokowi Bahas Peningkatan Ekonomi dan Investasi

Oleh : luska - Jum'at, 29/06/2018 10:22 WIB

Presiden Joko Widodo menjemput langsung PM Malaysia Mahathir Muhammad di Lanud Halim Perdanakusuma Kamis Malam.(Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pagi ini (Jumat 29/6/2018) Istana Kepresidenan melakukan pertemuan kenegaraan penyambutan Pedana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad di Bogor.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menjemput langsung Perdana Menteri Malaysia yang baru terpilih, Mahathir Muhammad, di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Kamis (28/6/2018) malam.

Kedatangan Mahathir ke Indonesia ini adalah kunjungannya pertama kali setelah terpilih menjadi Perdana Menteri Malaysia.

Dalam pertemuan bilateral antara Indonesia dan Malaysia ini, akan membahas soal ekonomi, investasi, sosial budaya antar dua negara serumpun ini.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir saat dikonfirmasi mengatakan salah satu fokus pemerintahan baru Malaysia adalah peningkatan kapasitas infrastruktur.

Hal ini, lanjut Armanatha, juga sama seperti yang tengah dilakukan Presiden Jokowi sehingga akan ada banyak pembahasan yang bisa dibahas oleh kedua pemimpin negara.

Peningkatan ekonomi khususnya dalam perdagangan dan investasi tidak luput menjadi fokus kunjungan PM Malaysia ketujuh tersebut. Pada tahun 2017, perdagangan Indonesia dan Malaysia mencapai US$17.2 miliar dan menjadikan negeri Jiran menjadi mitra dagang terbesar ketujuh bagi Indonesia.

"Upaya kemitraan kedua negara dalam memperjuangkan akses ke pasar kelapa sawit juga akan dibahas. Indonesia dan Malaysia adalah negara produsen terbesar di dunia soal kelapa sawit. Produk ini tak hanya bernilai besar tapi juga berdampak pada beberapa hal seperti pengentasan kemiskinan dan Sustainable Development Goals,"imbuhnya.

Di samping itu, Presiden Jokowi juga akan menyampaikan konsep Indo-Pasifik yang sebelumnya telah disampaikan di ASEAN dan akan meminta dukungan langsung dari Malaysia. (Lka)

Artikel Terkait