Nasional

Mensos Minta Pendamping KUBE Memotivasi Rakyat Agar Mandiri Secara Ekonomi

Oleh : hendro - Rabu, 11/07/2018 17:35 WIB

Mensos Idrus Marham

Jakarta, INDONEWS.ID - Kementerian Sosial secara konsisten terus mendorong berbagai upaya untuk mengikis angka kemiskinan.

Menurut Menteri Sosial Idrus Marham, salah satunya dengan menyiapkan tenaga pendamping untuk program Kelompok Usaha Bersama (KUBE). Yakni program Kementerian Sosial yang fokus dengan pemberian bantuan bagi sekelompok orang yang mengelola usaha ekonomi.

"Tugas pendamping adalah memastikan bantuan pemerintah untuk keluarga miskin dikelola dengan dengan baik dan membawa kemandirian ekonomi," kata Menteri Sosial Idrus Marham di sela-sela acara Bimbingan dan Pemantapan (Bimtap) Pendamping KUBE (Reguler, Kabuter, Dekonsentrasi) Tahun 2018, di Jakarta, Selasa malam (10/07/2018) lalu.

Mensos menegaskan, filosofi bantuan sosial sebenarnya adalah sebagai instrumen perangsang atau stimulans bagi penerima bantuan.

"Bantuan bantuan yang kita berikan kepada masyarakat itu sebagai suatu stimulasi kepada mereka dalam rangka untuk meningkatkan kemandirian ekonomi," kata Mensos.

Mensos berpendapat, yang tidak kalah penting adalah harus ada perubahan sikap, mental, dan cara berpikir masyarakat terutama para penerima bantuan. 

"Yakni bagaimana mereka memiliki mental-mental kaya, kemauan keras dan motivasi kuat untuk mandiri," kata Mensos. 

Di sinilah pentingnya peran pendamping, kata Mensos, dalam memberikan motivasi supaya dalam mendampingi masyarakat dapat memastikan bisa mandiri dan bekerja produktif.(hdr)

Artikel Terkait