Nasional

Ini Instruksi Presiden Jokowi Dalam Penangan Korban Gempa Tsunami di Palu

Oleh : hendro - Senin, 01/10/2018 06:01 WIB

Presiden Jokowi saat mengunjungi daerah gempa tsunami di Palu

Palu, INDONEWS.ID - Dalam meringankan beban korban gempa tsunami di kota Palu dan Donggala, Presiden Joko Widodo menekankan jajarannya untuk memprioritaskan evakuasi korban sebagai langkah pertama penanganan bencana gempa dan tsunami yang melanda Sulawesi Tengah.

Instruksi ini disampaikan seusai Presiden meninjau langsung sejumlah titik terdampak bencana di Palu, Minggu (30/9/2018) kemarin.

"Yang pertama yang paling penting tadi saya tekankan pada seluruh kementerian, TNI, Polri, juga Pak Gubernur, agar penanganan yang dilakukan pertama adalah yang berkaitan dengan evakuasi," kata Presiden di Bandara Mutiara Sis Al Jufri, Kota Palu.

Sedangkan terkait proses evakuasi ini, Presiden mengatakan ada beberapa desa yang masih belum bisa dievakuasi karena keterbatasan alat berat.

"Besok pagi (hari ini) insya Allah Pak Menteri PU (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) sudah mengerahkan alat berat dari Mamuju, dari Gorontalo, dari Poso, menuju ke sini. Jadi mulai evakuasi di tempat-tempat yang masih kita perkirakan ada korban yang belum bisa kita ambil," ujar Presiden.

Sementara itu, untuk membantu mendistribusikan suplai air dan makanan, pemerintah akan menyiapkan pesawat khusus. Hal ini mengingat kondisi bandara yang belum bisa beroperasi secara normal.

Lebih lanjut Presiden menegaskan, pemerintah juga berkomitmen untuk memperbaiki fasilitas publik yang terdampak gempa dan tsunami. Proses rekonstruksi dan rehabilitasi menurut Presiden akan dilakukan setelah tahapan evakuasi selesai.(hdr)
 

Artikel Terkait