Nasional

Hari Ke 15, Tim DVI Terus Berusaha Maksimal Identifikasi Jenazah Korban Lion Air

Oleh : Ronald - Senin, 12/11/2018 23:05 WIB

Hingga hari ini, Senin (12/11/2018) Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri masih terus melakukan pencocokan data antemortem dan DNA dari korban dan keluarga korban.

Jakarta, INDONEWS.ID - Memasuki hari ke 15 pasca peristiwa jatuhnya pesawat Lion Air JT610 dengan kode registrasi PK-LQP rute Jakarta-Pangkal pinang yang jatuh di perairan Tanjung Pakis, Karawang Jawa Barat pada Senin, (29/10/2018) lalu, Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri masih terus melakukan pencocokan data antemortem dan DNA dari korban dan keluarga korban.

Hingga hari ini, Tim Forensik Rumah Sakit Polri Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur telah menerima 666 sampel DNA untuk melakukan identifikasi dari korban jatuhnya pesawat tersebut.

Kepala Rumah Sakit Polri, Kombes Pol Musyafak mengatakan dalam tim forensik DVI Polri, hingga hari ini senin (12/11/18) korban jatuhnya pesawat Lion Air JT610 yang telah teridentifikasi ada sebanyak 79 orang.

"Hingga hari ini 79 korban telah teridentifikasi, dengan rincian 59 laki-laki, sedangkan untuk perempuan 20 orang," ujar kepada media dalam sebuah konfrensi pers di RS Polri Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (12/11/2018).

Lebih lanjut, dirinya juga mengakui bahwa adanya hambatan pemeriksaan tim forensik selain dari temuan bodypart (bagian tubuh) korban juga dikarenakan sudah lamanya kejadian jatuhnya pesawat tersebut.  

"Kalaupun ada hambatan, itu terkait dengan kondisi daripada jenazah yang dikirim itu sendiri yang berupa bodypart (bagian tubuh), selain itu juga adanya kejadian yang sudah lebih dari 13 hari, itu juga menjadi hambatan karena proses pembusukan sudah berlangsung cukup lama. Tapi kami berusaha akan identifikasi dengan berbagai cara," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Bidang DVI Pusdokkes Polri, Kombes Pol Lisda Cancer mengatakan bahwa dalam mengatasi hambatan dari proses identifikasi korban yang sedang diidentifikasi, timnya hingga saat ini telah melakukan pemeriksaan dengan menggunakan sejumlah tes pencocokan dan masih menunggu hasil kecocokan DNA tersebut.

"Kami sedang menunggu tes DNA dan sidik jari, jadi ada beberapa bagian tubuh yang mengandung DNA, itu sedang di dalami oleh INAFIS`" pungkas Lisda Cancer. (ronald)

Artikel Terkait