Daerah

Pemkot Depok akan Gelar Festival Maulid Nabi Muhammad SAW

Oleh : Abdi Lisa - Jum'at, 16/11/2018 18:01 WIB

Peringatan Maulid Nabi kali ini, mengusung tema Implementasi Cinta Rasulullah untuk Depok Religius. Tema tersebut diambil, dikarenakan Pemerintah Kota Depok ingin pelaksanaan Maulid Nabi kali ini dikemas untuk meningkatan kesejahteran perekonomian masyarakat Kota Depok (Foto depok.go.id)

Depok, INDONEWS ID – Pemerintah kota (Pemkot) Depok akan menggelar festival Maulid Nabi Muhammad SAW yang akan diselenggarakan 18-19 November 2018.

Kegiatan festival Maulid Nabi Muhammad SAW itu berlangsung di lapangan Balai Kota Depok, Jawa Barat. Dipastikan berlangsung semarak. Selain akan diisi dengan ceramah agama dari para dai, acara juga diramaikan dengan kehadiran produk unggulan Kota Depok seperti makanan khas dan produk kerajinan.

“Peringatan Maulid Nabi kali ini, mengusung tema Implementasi Cinta Rasulullah untuk Depok Religius. Tema tersebut diambil, dikarenakan Pemerintah Kota Depok ingin pelaksanaan Maulid Nabi kali ini dikemas untuk meningkatan kesejahteran perekonomian masyarakat Kota Depok, dengan menggelar produk unggulan Kota Depok,” ujar Ketua Pelaksana Festival Maulid Nabi 1440 Hijriah, Sri Utomo, Kamis (15/11).

Ia yang juga merupakn Asisten Hukum dan Sosial Kota Depok, mengatakan, untuk pergelaran produk unggulan Kota Depok, akan dilaksanakan pada 18 Novemeber 2018 dimulai jam 08.00 hingga 15.00 di Lapangan Balai Kota
Depok. Dalam pergelaran produk lokal tersebut, Pemerintah Kota Depok juga menyiapkan 1.000 porsi makanan gratis yang bisa dinikmati pengunjung.

“Makanan gratis ini, diutamakan untuk warga Kota Depok yang memiliki nama seperti nama orang terdekat Nabi Muhammad SAW atau pun sifat-sifat keteladanan Nabi. Di antaranya, Muhammad, Ahmad, Amin, Amanah, Fatanah, Sidik, Siti, Aminah, dan Khadijah,” kata Sri Utomo yang dicukil dari depok.go.id.

Mereka yang memiliki nama tersebut, kata Sri Utomo, bisa langsung melakukan registrasi pada Minggu pagi jam 10.00 hingga 12.00 WIB, dengan menunjukkan identitas yang sah, seperti KTP, SIM, Kartu Pelajar, atau Kartu Keluarga.

Sementara itu, lanjutnya, pada 19 November merupakan puncak peringatan Maulid Nabi, yang akan dimulai jam 08.00 hingga 15.00 WIB, dengan diisi berbagai acara keagamaan. Salah satunya, pembacaan Rawi, teatrikal, hiburan keagamaan, dan penampilan hafiz cilik Kota Depok.

“Acara puncak tersebut tidak berhenti di jam 15.00 saja. Tetapi, nantinya akan dilanjutkan pada jam 19.30 serentak di 63 kelurahan. Nantinya kegiatan tersebut, akan dihadiri oleh pejabat se-Kota Depok, dan mendengarkan sambutan Wali Kota Depok melalui rekaman yang sudah disediakan,” ucapnya.

Dia berharap, pada malam Maulid Nabi tersebut seluruh masyarakat Kota Depok bisa sama-sama merayakan. Melalui Festival Maulid ini, Pemerintah Kota Depok berusaha mewujudkan visi religius Kota Depok.

“Diprediksi peringatan maulid ini, akan lebih sukses dari tahun lalu. Sebab, dalam peringatan kali ini akan mengundang banyak masyarakat Kota Depok. Insya Allah, ke depan visi Kota Depok dapat terwujud,” ucapnya. (Abdi.K)

Artikel Terkait