Daerah

Komisi XI DPR Minta Masyarakat Jawa Timur Bantu Kawal RUU Pertembakauan

Oleh : Ronald - Rabu, 16/01/2019 05:05 WIB

Inisiator RUU Pertembakauan yang juga merupakan Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun menegaskan komitmennya untuk terus memperjuangkan kesejahteraan petani tembakau.

Jawa Timur, INDONEWS.ID - Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun meminta masyarakat terutama konstituennya di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur II yang meliputi Pasuruan dan Probolinggo untuk membantunya mengawal Rancangan Undang-undang (RUU) Pertembakauan.

Menurut Jubir Tim Kampanye Nasional Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin ini, Jawa Timur punya kepentingan atas RUU Pertembakauan karena memiliki kontribusi signifikan terhadap produksi tembakau nasional.

Disebutkan Misbakhun sejumlah daerah di Jawa Timur seperti Madura, Probolinggo, Pasuruan, Jember dan Banyuwangi merupakan penghasil tembakau.

"Itu semua sudah meliputi 47 persen produksi tembakau nasional,” ujar Misbakhun saat berbicara dalam kegiatan Konsolidasi Internal dan Pemantapan Tim Pemenangan Partai Golkar Dapil Jawa Timur II di desa Nogosaren, kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo belum lama ini.

"Perlu diketahui, sebagian besar masyarakat di wilayah Probolinggo-Pasuruan berprofesi sebagai petani. Menurutnya, banyak petani di Probolinggo yang menekuni tembakau," kata Inisiator RUU Pertembakauan itu.

Karena itu, Misbakhun menegaskan komitmennya untuk terus memperjuangkan kesejahteraan petani tembakau. Apalagi, petani tembakau sudah terbukti memiliki kontribusi besar bagi penerimaan negara.

“Bapak dan ibu harus tau bahwa sumbangan tembakau untuk penerimaan negara dalam bentuk cukai itu Rp 150 triliun, ditambah pajak sekitar Rp 200 triliun. Ini artinya lebih dari Rp 300 triliun untuk negara,” imbuh politisi Partai Golkar. (ronald)

Artikel Terkait