Nasional

Unpri Gandeng UniMap Malaysia

Oleh : hendro - Kamis, 04/04/2019 11:30 WIB

Suasana seminar internasional yang di gelar kemenristekdikti di Puspitek Serpong

Serpong, INDONEWS.ID - Perkembangan teknologi tidak hanya berpengaruh dalam aspek teknologi tetapi juga dalam aspek sosial. Perkembangan teknologi dimulai dari penemuan mesin yang memudahkan kerja manusia sampai dengan penemuan dalam bidang teknologi informasi, yaitu internet. Kelahiran internet menjadi awal dari era baru kehidupan manusia, yaitu era digital.

Di era digital, jarak, waktu, dan biaya menjadi semakin efisien sehingga banyak pekerjaan atau kegiatan yang saat ini menjadi semakin mudah. Saat ini internet dan gawai telah secara masal digunakan sehingga banyak aspek kehidupan sosial yang harus melakukan penyesuaian dan integrasi terhadap dua hal itu.

Contohnya dalam dunia perdagangan, bisnis tidak lagi wajib memiliki toko fisik, kegiatan belajar mengajar tidak lagi wajib di kelas dan bertemu secara fisik dengan pengajar tetapi semua prosesnya dapat dilakukan secara online.

Faktanya, belum semua kota di Indonesia mampu menerapkan konsep digital dalam memberikan pelayanan publik sementara globalisasi sudah memasuki tahap 4.0. Oleh karena itu, sangat menarik jika diadakan diskusi secara terbuka melalui seminar nasional yang bertajuk Bureaucracy In Digital Era, An Overview Seminar : Tantangan dan Hambatan Pelayanan Publik di Era Digital

Seminar yang diadakan di Graha Widya Bhakti, PUSPIPTEK, Serpong ini menghadirkan Prof. Dr. Uman Suherman AS., M.Pd selaku Kepala LLDIKTI IVsebagai Keynote Speaker, dan 7 (tujuh) Narasumber, yaitu diantaranya Bapak Ahmed Zaki Iskandar, SE, B.Bus, M.Si selaku Bupati Tangerang, Bapak H. Arief Wismansyah, B.Sc, M. Kes selaku Walikota Tangerang, Ibu Hj. Airin Rachmi Diany, SH, MH selaku Walikota Tangerang Selatan, Dr. Muhadam Labolo selaku pakar Ilmu Pemerintahan, Dr. Riant Nugroho selaku pakar kebijakan publik, Associate Professor Ir. Dr. Mohd Khairuddin Md. Arshad selaku Dekan Centre of Graduate Studies (CGS) UniMAP dan Prof. Ir. Dr. Hj. Rezuwan bin Hj. Kamaruddin, PhD, M.Sc, B.Eng selaku Timbalan Naib Canselor UniMap.


“Tema ini dipilih karena perkembangan teknologi pada era digital telah merambah semua lini, baik bisnis maupun pemerintahan. Penerapan teknologi digital pun sangat kita rasakan dampak positifnya, sehingga kami berharap banyak ilmu yang didapat oleh para mahasiswa setelah mengikuti seminar ini” pungkas Rachmawaty, M.Hum sebagai Ketua Panitia.

Pramita University hadir untuk melayani masyarakat dengan menyelenggarakan Program Sarjana (S-1) Fakultas Teknik,  Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Sosial & Politik,  serta Program Pasca Sarjana (S-2) Magister Ilmu Pemerintahan.

Tujuan dasar dari Program Sarjana & Pasca Sarjana diselenggarakan dengan metodik dan didaktik, pendidikan bersifat multi disiplin untuk mempersiapkan tenaga profesional dibidang kepemerintahan, manajerial, pendidik, peneliti dan kewirausahaan. Pramita University berupaya untuk menjalankan tugas dan fungsi perguruan tinggi,  yaitu menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi dengan sebaik-baiknya, yang terdiri dari Pendidikan (Pengajaran), Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat.
 

 

 

 

 

Artikel Terkait